Gurihnya Sala Lauk, Kudapan Bulat Berwarna Kuning Dari Tanah Pariaman 

Sala Lauk
Sala Lauk
Sumber :
  • Padang Viva

Padang –Anda pecinta Kopi dan gorengan ?, tak salah jika sesekali anda mencoba kudapan khas asal Pariaman, Sumatera Barat ini. Memiliki ukuran bulat kecil bewarna kuning dan rapuh, tentu saja akan menambah sensai ngopi anda baik dipagi hari maupun sore hari. Terbuat dari adonan daging ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung, kudapan ini diberi nama Sala Lauk.

Tak hanya di Pariaman, Sala Lauk bisa anda temukan dimana saja, baik dipasar, warung kopi hingga dipinggiran jalan, kudapan kecil ini bisa didapati dengan mudah.

Pada umumnya, Masyarakat di Sumatera Barat, menjadikan Sala Lauk sebagai hidangan pelengkap ketika sarapan pagi. Di santap dengan ketupat gulai atau lontong, menjadi menu favorit masyarakat. Tak hanya itu saja, sala lauk juga nikmat di makan tanpa ada menu utama. 

Soal rasa, Sala Lauk dominan memiliki rasa asin yang pas dilidah dan sedikit pedas, tergantung selera si pembuat. Selain itu, Sala Lauk juga terasa gurih dengan balutab aroma rempah yang berasal dari beberapa jenis bumbu yang ditambahkan didalamnya.

Nah, bagi anda diluar Sumatera Barat yang ingin mencicipi si bulat kecil nan rapuh dan lezat ini, anda tak perlu khawatir. Sangat mudah untuk membuat Sala Lauk ini. Pun dengan bahan-bahan yang ada, sangat gampang dijumpai dipasar tradisional.

Untuk mengolah Sala Lauk, anda cukup menyiapkan sejumlah bahan dasar seperti, tepung beras, air putih, ikan asin atau ikan teri, jahe, lengkuas, kunyit, bawang merah dan putih, daun bawang, cabe merah keriting atau cabe rawit, dab kunyit serta garam atau penyedap rasa lainnya.

Semua bumbu tersebut digiling dan dicampurkan kedalam adonan tepung yang sudah dicampur dengan air, dan tiris halus daun bawang.

Setelah semua adonan bercampur, lalu ambil sedikit dan buat menyerupai bola pingpong menggunakan tangan. Lalu, goreng hingga masak. Untuk menghasilkan Sala Lauk yang rapuh, minyak goreng yang digunakan harus panas. Tapi ingat, saat menggoreng harus anda perhatikan dan jangan sampai hangus.

Setelah diangggap sudah matang, sala lauk kemudian bisa anda angkat dan letakkan dipiring untuk kemudian disantap bersama kopi. Penasaran, silahkan anda mencoba didapur kesayangan anda. Temukan sensai rasa lezat di Sala Lauk.