Pemkab Solsel Ajak Masyarakat Sukseskan Gemapatas

Pencanangan Gemapatas Solok Selatan
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) mengajak seluruh masyarakat untuk mensukseskan Gerakan Masyarakat Pemasangan TAnda Batas (Gemapatas) yang dicanangkan oleh Kementerian ATR/BPN. Menurut Bupati Solsel, Khairunas, Gemapatas diyakini akan mampu menurunkan angka sengketa tanah.

Pemkab Solok Selatan Bagikan Ribuan Paket Sembako 

Khairunas bilang, semakin banyak masyarakat yang memasang batas tanah dan melegalkan tanah miliknya, tak terkecuali juga tanah milik pemerintah. Sebab hal tersebut dinilai dapat mengurangi terjadinya tindak pencatutan hingga menghindari keberadaan mafia tanah.

Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Syamsurizaldi mengatakan tidak jelasnya batas tanah akan berujung pada banyaknya sengketa tanah. Namun dengan adanya Gerakan Masyarakat Pemasangan TAnda Batas (Gemapatas) yang dicanangkan oleh Kementerian ATR/BPN akan menurunkan sengketa tanah ini.

Bupati Khairunas Tekankan Pentingnya Peran Dunia Usaha dalam Pembangunan Solok Selatan

"Di Solok Selatan masih banyak soal caplok tanah ini, masih ada di beberapa kecamatan. Diharapkan dengan adanya gerakan ini ke depan dapat menyelesaikan masalah tersebut," kata Syamsurizaldi dalam keterangan resminya, Sabtu 4 Februari 2023.

Sekda melanjutkan, seluruh Wali Nagari dan Camat harus aktif mensosialisasikan gerakan ini kepada seluruh masyarakatnya. Tidak hanya pada periode ini saja, namun harus dilakukan secara berkelanjutan. Sebab, saat ini minat investasi ke Solok Selatan dinilai semakin tinggi. Sehingga akan berdampak pada harga tanah yang juga akan ikut naik.

Kampung Baru Huberta Solok Selatan Kian Berkembang Pesat

"Konsekuensinya meningkat nilai tanah, kalau patok tidak jelas akan jadi sumber masalah. Gerakan masyarakat kan budaya supayaa tidak terjadi cekcok tetangga, antar kampung, karena batas tanah jadi ke depan makin jelas status kepemilikan, termasuk tanah milik daerah," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPN Solok Selatan Rivaldi mengatakan Gemapatas ini akan dilakukan mulai hari ini hingga seminggu ke depan. 

Halaman Selanjutnya
img_title