Tahun Depan 100 Persen Warga Solsel Sudah Tercover BPJS

Bupati Solok Selatan, Khairunas (Depan)
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat, menargetkan seluruh masyarakat di wilayah itu tanpa terkecuali, sudah mendapatkan jaminan kesehatan pada tahun 2024. Meski kemudian, dilakukan secara bertahap. 

Bus Trans Padang Koridor 3 Siap Mengaspal, Layani Rute Baru Hingga RSUD dr. Rasidin

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Marfiandhika Arief mengatakan, data per Maret 2023 jumlah penduduk yang tercover BPJS kesehatan sudah mencapai 93 persen. Target hingga akhir tahun ini harus sudah bisa mencapai 95 persen.

"Rencana ke depan, peningkatan coverage jaminan kesehatan supaya mencapai universal health coverage (UHC) di 2023. Capaian Solok Selatan sampai Maret itu kan 93 persen. Nah, untuk meningkatkan ke target nasional 95 persen akan dilakukan penyesuaian anggaran nanti. Jadi, target tahun ini sama dengan target nasional," kata Marfiandika, dikutip dari keterangan resminnya, Senin 13 Maret 2023.

Luak Kapau Siap Berbenah, Wakili Solsel di Lomba HKG PKK Sumbar

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok Neri Eka Putri mengatakan, untuk mencapai UHC, Solok Selatan masih harus menambah jumlah penduduk yang menggunakan BPJS Kesehatan sebanyak 3.300 jiwa lagi.

"Jika sudah mencapai 95 persen, siapapun nanti yang sakit itu bisa didaftarkan dan kartunya bisa langsung digunakan. Sekarang kan masih di bawah 95 persen. masih menunggu 14 hari untuk pembayaran. Jadi keistimewaan sudah mencapai UHC. Jadi ketika ada yang ber-KTP Solok Selatan, bisa didaftarkan. Bisa langsung menggunakan,"kata Neri.

Festival Muaro Padang: Semarak Budaya "Tempo Doeloe" Menanti Pengunjung dan Wisatawan

Neri juga bilang bahwa, Bupati Solok Selatan berharap dengan semakin meningkatnya jumlah kepesertaan jaminan kesehatan nasional (JKN) di Solok Selatan, maka meningkat pula kepuasan masyarakat atas pelayanan kesehatan yang diberikan.