Disdukcapil Kebut Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

Ilustrasi ktp digital
Sumber :
  • diskominfo Solok Selatan

Padang – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat saat ini tengah mengebut perekaman dan aktivasi kependudukan dalam bentuk digital. Targetnya tahun ini, akan terlealisasi 25 persen data penduduk dalam bentuk digital dari total perekaman yang dilakukan.

Ratusan Putra dan Putri Rebut Posisi Pertama Duta Wisata Solsel 2024

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAKPD) Disdukcapil Senga Hardi mengatakan KTP digital ini merupakan inovasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam rangka digitalisasi pelayanan administrasi kependudukan.

"Kami ditargetkan oleh Ditjen Dukcapil 25 persen dari jumlah perekaman. Kami mulai pelayanan sejak dilaunching oleh Bupati pada Oktober tahun lalu," kata Senga Hardi dikutip dari keterangan resminya, Senin 13 Maret 2023.

Datang ke Padang, Kak Seto Mulai Usut Kekerasan Terhadap Anak di Sumbar

Dalam tahapan pelaksanaannya kata Senga Hardi, Disdukcapil menyasar target ASN terlebih dahulu dan kemudian mahasiswa, lalu ke pelajar, dan masyarakat secara umum.

Senga melanjutkan, saat ini total perekaman kependudukan di Solok Selatan mencapai 133.250 orang. Sehingga dengan target yang dipatok 25 persen ini maka jumlah yang harus dicapai sebanyak 133.250 pada akhir tahun ini.

LPAI Sarankan Pemeriksaan Rutin Terhadap Personel Polda Sumbar

Untuk diketahui, pelaksanaan aktivasi kependudukan digital ini dilakukan karena terkait dengan keterbatasan pengadaan KTP elektronik.

Merujuk pada laman Dukcapil Kemendagri, KTP digital ini menjadi solusi yang asimetrik sebagai langkah bijaksana menggantikan penerbitan KTP-el yang masih banyak dikeluhkan masyarakat. 

Halaman Selanjutnya
img_title