Percepat Penerapan Persuratan Elektronik, Diskominfo Solsel Gandeng Diskominfo Padang Pariaman 

Kadis Kominfo Solsel, Firdaus Firman (tengah)
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat melalui Dinas Kominfo menggandeng Diskominfo Kabupaten Padang Pariaman guna mempercepat upaya penerapan surat elektronik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. Juga ditujukan untuk berbagi informasi terkait penggunaan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). 

Koper CJH Maksimal 32 Kg, Simak Penjelasan Kemenag Sumbar

Kadis Kominfo Solsel, Firdaus Firman menyebut pertemuan ini adalah upaya mensosialisasikan aplikasi Srikandi. Ini juga sebagai bentuk silaturahmi antar instansi kedua kabupaten serta berbagi ilmu, karena Kabupaten Padang Pariaman telah lebih dulu mengadopsi aplikasi Srikandi. 

"Kami memang ingin serius menerapkan  aplikasi Srikandi di Solsel. Dan ini selaras dengan instruksi Bapak Bupati untuk lakukan digitalisasi di berbagai bidang" kata Firdaus dikutip dari keterangan resminya, Jumat 17 Maret 2023.

Pemkab Solok Selatan Kembali Salurkan Bantuan Beras  

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Padang Pariaman, Zahirman menyebut bahwa persoalan penerapan aplikasi Srikandi memang tidak sesuatu yang baru. Aplikasi tersebut memang ditujukan sebagai upaya digitalisasi segala kegiatan terkait administrasi persuratan, kearsipan yang selama ini telah dilakukan secara manual. 

"Salah satu keunggulan aplikasi Srikandi adalah melahirkan administrasi persuratan yang dinamis, terintegrasi, efisien," kata Zahirman.

Festival Durian Mengguncang Lidah, Pemerintah dan Masyarakat Saling Santap Lezatnya Buah Berduri

Selain itu, dia bilang aplikasi Srikandi juga merupakan aplikasi terintegrasi antara pemerintah pusat dan daerah. Sehingga memudahkan koordinasi dan komunikasi antar instansi pemerintah, berbagi pakai data yang merupakan transformasi pengelolaan arsip dinamis saat ini. 

"Pemerintah daerah juga akan mudah mengakses informasi kearsipan yang diperlukan publik, peningkatan kinerja pemerintah, paperless, juga meningkatkan indeks penerapan SPBE dan indeks pengawasan kearsipan,"tutup Zahirman.