113 Guru Tahfidz Solok Selatan Diberikan Pembinaan Dan Pembekalan

Bupati Solok Selatan Khairunas (tengah)
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Sebanyak 113 guru Tahfidz di Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat mendapatkan pembinaan dan pembekalan oleh Pemerintah Pemerintah setempat sebagai upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Solok Selatan untuk mewujudkan Program Unggulan (Progul) Satu Jorong Satu Rumah Tahfidz.

Ketua DPRD Solsel Sebut Ramadan Momentum Persatuan Masyarakat Pasca Pemilu

Menurut Bupati Solok Selatan, Khairunas, ke 113 orang guru tahfidz se-Solok Selatan itu, dibagi menjadi 4 kelompok pelatihan. Kini, kegiatan itu telah masuk gelombang kedua, setelah tahun lalu pemerintah daerah juga telah melakukan pembinaan kepada 65 orang guru tahfidz.

"Ini merupakan upaya pemerintah untuk menciptakan generasi Solok Selatan berakhlak, tidak hanya sebagai penghafal Alquran, namun juga mampu mempraktekan ilmu lainnya di tengah masyarakat seperti sholat jenazah, ceramah, adzan dan mengaji,"kata Khairunas dikutip dari keterangan resminya, Jumat 24 Maret 2023.

Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar Kunjungi Masjid Darussalam Solsel

Dia bilang, saat ini Pemkab Solsel memiliki 274 rumah tahfidz binaan dan sebanyak 105 rumah tahfidz mandiri. Sehingga dari 379 jorong yang memiliki rumah tahfidz, 178 jorong telah dilatih dan masih ada 96 jorong yang akan dilakukan pembinaan. Dengan dorongan pemerintah, diharapkanakan tumbuh rumah-rumah tahfidz mandiri lainnya di Solok Selatan. 

"Besar harapan akan lahir rumah tahfidz mandiri lainnya di seluruh pelosok Solok Selatan,"ujar Khairunas.

Bupati Solok Selatan Instruksikan Penyaluran Beras Bantuan Harus Segera Dilakukan 

Terkait dukungan moril dan materil buat guru tahfidz, Khairunas menginstruksikan OPD terkait melakukan pendataan dan memberikan BPJS kesehatan dan jaminan keselamatan bekerja. Selain itu terkait regulasi pemberian honorarium kepada guru tahfidz, ia meminta untuk segera diselesaikan Peraturan Bupatinya.