Wabup Yulian Efi Minta Seluruh Warga Harus Tercover Jaminan Kesehatan

Wabup Yulian Efi
Sumber :
  • Diskominfo Solsel

PadangPemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menargetkan semakin banyak masyarakat yang tercover oleh jaminan kesehatan. Tujuannya agar masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan akses kesehatan yang memadai sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bus Trans Padang Koridor 3 Siap Mengaspal, Layani Rute Baru Hingga RSUD dr. Rasidin

Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi mengatakan dibutuhkan keaktifan Wali Nagari yang berhubungan langsung dengan masyarakat untuk memastikan tidak ada lagi masyarakatnya, yang dinilai membutuhkan, tidak tercover jaminan kesehatan yang dibiayai oleh pemerintah.

"Kalau ada warganya yang belum tercover oleh jaminan kesehatan, tolong kerja sama dan keaktifan dari Wali Nagari untuk melaporkan,"kata Yulian dikutip dari keterangan resminya, Selasa 11 April 2023.

Luak Kapau Siap Berbenah, Wakili Solsel di Lomba HKG PKK Sumbar

Saat ini kata Yulian, jumlah masyarakat yang tercover oleh BPJS Kesehatan telah mencapai 93 persen. Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan jumlah tersebut hingga targetnya Solok Selatan sudah mencapai kesehatan semesta alias Universal Health Care (UHC).

Cakupan kesehatan semesta menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif.

Festival Muaro Padang: Semarak Budaya "Tempo Doeloe" Menanti Pengunjung dan Wisatawan

"Selain jaminan kesehatan, hal yang menjadi perhatian pemerintah saat ini adalah pengentasan kemiskinan ekstrem di masyarakat. Wali Nagari sebagai garda terdepan pemerintahan memiliki andil besar dalam hal tersebut,"tutup Yulian Efi.