Salurkan Bantuan Pangan Nasional, Bupati Solsel Ingatkan Pentingnya Pendataan

Warga Solsel penerima bantuan
Warga Solsel penerima bantuan
Sumber :
  • diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat terus memberikan perhatian besar pada penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah pusat. Upaya ini dibuktikan dengan penyerahan bantuan oleh pemerintah dengan bertatap muka langsung dengan masyarakat.

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan di masa pemulihan ekonomi yang masih berlanjut akibat pandemi, dibarengi dengan kenaikan harga kebutuhan pokok pascalebaran membuat masyarakat golongan tertentu kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya, terutama karena kenaikan harga.

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa meringankan beban para penerima manfaat selama beberapa bulan ke depan,"kata Khairunas melalui siaran persnya, Rabu 10 Mei 2023.

Bantuan yang diserahkan di dua nagari ini merupakan bantuan yang akan diserahkan kepada masyarakat di empat nagari. Dua nagari lainnya adalah Nagari Padang Gantiang dan Padang Limau Sundai Kecamatan Sangir Jujuan.

Dalam kesempatan ini, Bupati menegaskan bahwa dibutuhkan peran aktif pemerintah nagari dan jorong, sebab Wali Nagari dan Wali Jorong yang akan bertemu langsung dengan masyarakat.

"Camat, Wali Nagari, Wali Jorong kami ingatkan untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten. Selain itu juga harus melakukan pendataan berkesinambungan kepada masyarakat, supaya data yang dimiliki selalu update. Karena sayang jika ada bantuan seperti ini namun banyak masyarakat yang tidak kebagian,"ujarnya.

Bantuan yang diserahkan ini berupa sebanyak 35.256 kilogram alias 35,256 ton beras dari bantuan pangan cadangan beras pemerintah pusat. Beras ini disalurkan oleh Badan Pangan Nasional bersama dengan PT Pos Indonesia (Persero).