Pemkab Solsel Ajak Masyarakat Lestarikan Cagar Budaya

Bupati Solok Selatan Khairunas
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Bupati Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat, Khairunas mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama seluruh pemilik dan pengguna cagar budaya di wilayah Nagari Seribu Rumah Gadang ini, bisa ikut melestarikan dan menjaga produk kebudayaan

Pariwisata Sumbar Berkembang Pesat, Desa Wisata Jadi Motor Penggerak

Kabupaten Solok Selatan kata Khairunas, memiliki banyak cagar budaya yang sudah ditetapkan. Keberadaan cagar budaya di sebuah daerah, menjadi bukti tentang sejarah atau peristiwa suatu kelompok atau etnis. Yang mana sejarah tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap ciri khas dari suatu kelompok. 

"Oleh karenanya, jika cagar budaya tidak kita rawat dan kita lestarikan maka akan berimplikasi pada hilangnya sejarah dan identitas masyarakat," kata Khairunas melalui siaran persnya, Rabu 26 Juli 2023.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Khairunas bilang, pihaknya berharap ke depan akan ada langkah yang lebih konkret dalam melestarikan kebudayaan di Solok Selatan. Terlebih, dengan kemajuan teknologi saat ini yang bisa dimanfaatkan untuk membuat budaya dan tradisi di Solok Selatan memiliki gaung yang lebih besar, baik untuk di dalam daerah hingga ke luar daerah.

Menurutnya, dengan semakin dikenalnya keanekaragaman budaya maka akan mendorong rasa cinta dan rasa memiliki dari generasi selanjutnya sehingga nantinya juga akan ikut serta dalam menjaga dan melestarikan budaya serta kebudayaan yang ada. Untuk itu diperlukan sumber daya, baik anggaran dan sumber daya manusia yang mengelola.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"Keterbatasan anggaran pemerintah daerah menjadi salah faktor penghambat, untuk itu kami butuh dukungan dari semua pihak terutama dari Balai Pelestarian Kebudayaan,"ujar Khairunas.

Sementara itu, Kepala Bidang pada Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah III Sumatera Barat, Fauzan Amri mengatakan saat ini Solok Selatan sudah memiliki 130 cagar budaya yang sudah ditetapkan. Kini, tinggal lagi bagaimana melestarikan kebudayaan tersebut sehingga bisa terus dinikmati keberadaannya.

Halaman Selanjutnya
img_title