Pemkab Solsel Dorong Koperasi Jadi Rumah Bagi UMKM

Sekretaris Daerah Solsel, Syamsurizaldi (tiga kiri)
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan berharap kehadiran koperasi dapat menjadi rumah bagi UMKM. Terlebih lagi, dengan diaktifkannya kembali Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Solok Selatan beserta dengan anggarannya. 

Pemko Padang Dorong Sertifikasi Halal: Jaminan Produk dan Peningkatan Ekonomi Pelaku Usaha

Sekretaris Daerah Solok Selatan, Syamsurizaldi mengatakan dengan jumlah koperasi yang mencapai 138 di Solok Selatan, keberadaan koperasi dapat membantu memberikan fasilitas permodalan hingga penguatan usaha bagi UMKM.

"Koperasi di Kabupaten Solok Selatan saat ini berjumlah total 138, terdiri dari 8 koperasi nasional dan 131 koperasi primer. Diharapkan Koperasi dapat terintegrasi dengan UMKM, koperasi berperan sebagai rumahnya UMKM. Karena pelaku usaha mikro, masih labil secara permodalan. Dengan bergabung di koperasi maka dapat difasilitasi permodalan dan penguatan usaha," kata Syamsurizaldi, Rabu 13 September 2023.

Ekonomi Belum Stabil, Solok Selatan Perlu Diversifikasi Sumber Pendapatan

Ditambahkan Syamsurizaldi, untuk jumlah UMKM yang ada di Solok Selatan hingga Desember tahun lalu mencapai 9.274 yang terdiri dari, 9.153 usaha mikro, 108 usaha kecil, dan 13 usaha menengah dari 7 sektor usaha.

"Diharapkan seluruh peserta pelatihan dapat berkerjasama dalam pencapaian target tersebut agar DAK Non-Fisik ini tetap diperoleh oleh Kabupaten Solok Selatan setiap tahunnya,"ujarnya.

Ayo, UMKM di Padang Panjang Segera Urus Sertifikasi Halal, Mumpung Gratis Hingga Oktober 2024

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Solok Selatan, Akmal Hamdi mengatakan, pihkanya pada Selasa kemarin sudah menggelar pelatihan DAK Non-Fisik Peningkatan Kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro dan Kecil (PK2UMK) untuk tahun anggaran 2023.

Kegiatan itu kata Akmal, diselenggarakan dalam rangka Pencapaian Target Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah antara lain Nomor Induk Berusaha, Sertifikat Nomor Induk Koperasi, Akses Pembiayaan, izin usaha, Publikasi, Laporan Usaha Digital, WA Bisnis laporan Keuangan dan lainnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title