TP-PKK Solsel Kembangkan Aplikasi Simsalabim 

Erniati Khairunas (Kanan ketiga)
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Guna mengembangkan aplikasi SIMSALABIM (Sistem Informasi Dasawisma Langsung, Bermanfaat, Inovatif, dan Mandiri), TP-PKK Kab. Solok Selatan bersama Dinas Kominfo lakukan sharing informasi dengan Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta, di Jakarta pada Rabu kemarin.

Pemkab Solok Selatan Kembali Salurkan Bantuan Beras  

Sharing informasi yang dipimpin langsung oleh Ketua TP-PKK Solok Selatan Erniati Khairunas tersebut, terkait aplikasi CARIK yang telah dikembangkan Pemprov DKI Jakarta sejak 2019 silam. 

Ketua TP-PKK Solok Selatan, Erniati Khairunas mengatakan bahwa tujuan dari sharing informasi ini berkaitan dengan rencana pengembangan aplikasi pendataan Dasawisma di Solok Selatan yakni aplikasi Simsalabim. 

Festival Durian Mengguncang Lidah, Pemerintah dan Masyarakat Saling Santap Lezatnya Buah Berduri

"Bahwa aplikasi dasawisma yang digerakkan oleh Kader PKK tersebut, nantinya diharapkan dapat menjadi salah satu sumber data bagi berbagai OPD dan juga pihak-pihak lainnya dalam rangka perencanaan, perancangan kebijakan dan program, serta pengambilan keputusan khususnya di Solok Selatan,"kata Erniati melalui siaran persnya, Jumat 15 September 2023. 

Terpisah, Kadis PPAPP Provinsi DKI jakarta yang diwakili Sekdis Darwanto menjelaskan bahwa Carik itu bukanlah suatu singkatan. Menurutnya, kata Carik diambil dari istilah Jawa yang artinya Juru Tulis. Carik mencerminkan bagaimana para kader PKK atau Dasawisma tampil sebagai ujung tombak dalam pengumpulan data-data keluarga di Jakarta secara komprehensif. Dan itu dituliskan secara elektronik.

Pemkab Solsel Imbau Warga Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem

Saat ini kata Darwanto, data-data dasawisma pada aplikasi CARIK telah dijadikan pedoman dasar oleh berbagai instansi, menjadi data sosial ekonomi serta data intelegent Pemprov DKI dalam mengambil program dan kebijakan. 

"Keberadaan CARIK pun menurutnya didukung penuh keberadaannya oleh Gubernur, Ketua TP-PKK, serta pihak DPRD DKI Jakarta, yang dibuktikan dengan dukungan penuh dalam pembiayaan kegiatan pendataan dasawiswa melalui kader PKK tersebut,"ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title