Prevelensi Balita Stunting di Solok Selatan 10,2 Persen

Data Stunting Solok Selatan
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat merilis data prevelensi Balita Stunting yang diperoleh berdasarkan hasil pengukuran dan penimbangan Balita oleh kader di Posyandu pada bulan Agustus 2023.

Bupati Solok Selatan Serukan ASN Tingkatkan Pelayanan dan Dukung Timnas U-23

Menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan Solsel, dr. Pendewal prevelensi Balita stunting di Solok Selatan per 25 September 2023 sebesar 10,2 persen. Persentase yang dicapai ini, lebih baik dari target yang ditetapkan pemerintah pusat dalam percepatan penurunan stunting yaitu sebesar 14 persen pada 2024.

"Dari 10.665 Balita yang diukur per Agustus, hanya 1.083 orang yang yang terindikasi stunting. Data ini diperoleh dari hasil pengukuran dan penimbangan Balita pada Posyandu di Solok Selatan pada Agustus kemarin,"kata Pendewal melalui siaran persennya, Rabu 27 September 2023

Pariwisata Sumbar Berkembang Pesat, Desa Wisata Jadi Motor Penggerak

Dari data tersebut kata Pendewal, Bayi Dua Tahun (Baduta) terdiagnosa stunting sekitar 316 orang atau 8.9 persen dari total Baduta sebanyak 3.562 orang.

Lebih lanjut ia menyebut bahwa data Balita stunting yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan ini, sudah dilengkapi dangan determinan permasalahannya, sehingga memudahkan 7 OPD pengampu stunting melakukan intervensi. 

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Untuk diketahui, data publikasi stunting ini dibagikan kepada tujuh OPD pengampu termasuk tujuh kecamatan di Solok Selatan sehingga dapat menjadi acuan dalam upaya pelaksanaan konvergensi percepatan penurunan stunting di Solsel.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan diskusi terkait masalah dan kendala yang ditemukan oleh seluruh stakeholder dan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Solok Selatan.