Pemkab Solsel Imbau Seluruh Pihak Perkuat Komitmen Berantas Stunting

Syamsurizaldi
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengimbau seluruh pihak untuk memperkuat komitmen dalam penanganan kasus stunting. Menurut Sekretaris Daerah Solok Selatan, Syamsurizaldi penanganan ini harus dilakukan lintas instansi, tak hanya dari perangkat daerah terkait saja, namun juga melibatkan Puskesmas, Camat hingga Wali Nagari.

Dinkes Padang Panjang Berikan Suntikan Vaksin Meningitis Bagi Calon Jemaah Haji

"Upaya intervensi kasus stunting ini memerlukan konvergensi lintas program dan lintas sektor,"kata Syamsurizaldi, Rabu 4 Oktober 2023.

Ia menjelaskan, intervensi pada permasalahan kesehatan masyarakat termasuk masalah stunting memerlukan konvergensi lintas program dan lintas sektor, yang meliputi intervensi spesifik yang merupakan tanggung jawab sektor kesehatan dan intervensi sensitif yang merupakan tanggung jawab lintas sektor.

Tarif Layanan Totok Punggung di Puskesmas Kebun Sikolos Disesuaikan dengan Peraturan Daerah

Menurutnya, penanganan kasus ini harus secara serius melibatkan banyak pihak lantaran stunting disebabkan oleh faktor multi dimensi dan tidak hanya disebabkan oleh faktor kekurangan energi kronis yang dialami oleh ibu hamil maupun gizi buruk pada balita. Melainkan juga disebabkan oleh faktor lain seperti ekonomi, ketahanan pangan keluarga, pola asuh, dan buruknya sanitasi lingkungan

"Dalam hal penanganan stunting, dibutuhkan peran Bidang Kesehatan Masyarakat untuk perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang kesehatan keluarga, gizi masyarakat, promosi dan pemberdayaan masyarakat, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga,"ujarnya.

Pemkab Solok Selatan Kembali Salurkan Bantuan Beras  

Syamsurizaldi bilang, selaku Pemerintah Daerah, pihaknya mengimbau kepada Kepala Perangkat Daerah, para Camat, Walinagari, para Kepala UPT Puskesmas se Kabupaten Solok Selatan, dan semua jajaran yang hadir pada hari ini agar memperkuat komitmen dalam mengatasi permasalahan kesehatan masyarakat di Kabupaten Solok Selatan karena masalah kesehatan tidak bisa diselesaikan oleh satu OPD saja tapi harus diselesaikan secara bersama.

"Bahwa saat ini, Pemda terus melakukan berbagai efisiensi. Salah satunya adalah dengan melakukan seleksi ketat terhadap Perjalanan Dinas aparatur, pengelolaan aset, serta berbagai upaya lainnya. Saat beberapa daerah lain mengalami kesulitan dalam menuntaskan perubahan anggaran untuk mengatasi defisit anggarannya,  Alhamdulillah, Pemkab dan DPRD Solok Selatan telah menuntaskannya,"tutupnya.