Peringati Hari Rabies Sedunia, Pemkab Solsel Gencarkan Program Vaksinasi Rabies

Ilustrasi Vaksin Rabies
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Memperingati Hari Rabies Sedunia alias World Rabies Day (WRD) tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan memberikan pelayanan vaksin rabies untuk hewan kecil dan edukasi seputar rabies kepada siswa SD dan SMP.

Solok Selatan Semarakkan Hari Pendidikan Nasional dengan Upacara dan Penghargaan Tenaga Pendidik

Aksi sadar rabies ini dibuka oleh Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Dr. H. Syamsurizaldi. Adapun layanan yang diberikan melalui Dinas Pertanian, Ketahanan pangan dan Perikanan adalah vaksin rabies dan konsultasi tentang hewan peliharaan.

Syamsurizaldi mengatakan bahwa kegiatan ini harus dilaksanakan secara berkelanjutan dan tetap laksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terutama kepada anak-anak sekolah setingkat SD dan SMP. 

Bupati Solok Selatan Serukan ASN Tingkatkan Pelayanan dan Dukung Timnas U-23

“Virus rabies adalah merupakan penyakit zoonosis yang dapat menular ke manusia sehingga menyebabkan kematian,” kata Syamsurizaldi melalui siaran persnya, Senin 9 Oktober 2023.

Sementara Kepala DPKPP drh. Nurhayati menyebut rangkaian pelaksanaan kegiatan WRD ini sudah dimulai sejak September lalu. Dimulai dengan melaksanakan aksi yang sama pada beberapa lokasi di Kabupaten Solok Selatan. Selain itu juga diadakan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) di Sekolah setingkat SD. 

Pemkab Solok Selatan Kembali Salurkan Bantuan Beras  

“Diharapkan dengan semakin gencarnya pelaksanaan vaksinasi ini dapat mengurangi kasus gigitan oleh Hewan Penular Rabies (HPR) kepada manusia,” ungkap Nurhayati.

Menurut da,ta DPKPP sampai dengan September 2023, sudah terdapat sekitar 180 kasus gigitan hewan yang tersebar di seluruh kecamatan.

Halaman Selanjutnya
img_title