Pemkab Solok Selatan Bagikan Ribuan Paket Sembako 

Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi (kanan)
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menyiapkan ribuan paket sembako murah untuk masyarakat dalam operasi pasar dan pasar murah menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

Gandeng Polda Sumbar, Pertamina Pastikan Kualitas dan Ketersediaan BBM Jelang Lebaran

Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi, menjelaskan bahwa bazar ini diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya mengingat adanya peningkatan permintaan kebutuhan pokok yang cenderung mengerek harga-harga.

"Menjelang Bulan Ramadan dan Idul Fitri, permintaan kebutuhan pokok dari hasil pemantauan pasar-pasar kecamatan terus meningkat, yang berpotensi meningkatkan harga-harga. Kenaikan harga yang signifikan dapat membebani masyarakat, khususnya keluarga yang kurang mampu," ujar Yulian dalam keterangan resminya, Jumat 29 Maret 2024.

Lapangan Bancalaweh Jadi Pilihan Tempat Salat Idul Fitri di Padang Panjang

Yulian bilang, dalam menanggapi kenaikan harga tersebut, pemerintah melakukan operasi pasar dan pasar murah dengan tujuan menyediakan bahan pangan pokok dengan harga subsidi.

Paket sembako yang disalurkan, merupakan subsidi yang ditujukan bagi masyarakat kurang mampu sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan dengan harga terjangkau.

Jelang Idul Fitri Pemprov Sumbar Prediksi Harga Pangan Stabil

Paket yang disediakan oleh Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan terdiri dari beras, minyak goreng, kacang, telur, gula, dan bawang merah. Satu paket senilai sekitar Rp 180 ribu diberikan dengan harga Rp 100 ribu dan tersedia sebanyak seribu paket.

Sementara itu, dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM tersedia 4.376 paket yang berisi minyak goreng, gula, tepung terigu, SKM, dan sirup.

Halaman Selanjutnya
img_title