Solok Selatan Tetapkan 5 Isu Utama RPJPD 2025-2045

Bupati Solok Selatan, Khairunas
Sumber :
  • Didkominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menetapkan lima sasaran utama dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045. Targetnya adalah menjadikan Solok Selatan sebagai pusat pertumbuhan yang maju, sejahtera, berbudaya, dan berkelanjutan.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan kelima hal yang telah dirancang ini telah mempertimbangkan kondisi dan isu strategi daerah hingga 2023. Belum lagi pemerintah kabupaten juga perlu menyelaraskan RPJPD dengan perencanaan pusat sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri.

"Ini merupakan direktif pemerintah pusat yang harus ditaati supaya terwujud pembangunan yang terintegrasi, kolaboratif dan terarah dari pusat ke daerah. Dan kita di Solok Selatan tentu harus taat dan patuh menjalankannya," kata Khairunas dikutip dari keterangan resminya, Sabtu 13 April 2024

Pemkab Solok Selatan Kembali Salurkan Bantuan Beras  

Lima sasaran yang telah ditetapkan tersebut kata Khairunas, yakni peningkatan pendapatan per kapita, penurunan kemiskinan dan ketimpangan pedapatan, dan peningkatan daya saing daerah.

Kemudian peningkatan daya saing sumber daya manusia dan peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Festival Durian Mengguncang Lidah, Pemerintah dan Masyarakat Saling Santap Lezatnya Buah Berduri

Sejalan dengan itu, Pemkab juga telah menetapkan tema pembangunan daerah untuk 2025 yakni Perkuatan Ketahanan Sosial dan Persiapan Transformasi Ekonomi Untuk Mendukung Indonesia Emas 2045.

Tema ini juga mengakomodir keberlanjutan pembangunan Solok Selatan dari sisi sumber daya manusia, ekonomi, dan infrastruktur. Selain itu juga menyinggung ketahanan sosial dan budaya serta transformasi tata kelola pemerintahan.

Halaman Selanjutnya
img_title