Pemkab Solsel Serahkan Nota Pengantar KUA-PPAS APD 2025 ke DPRD

Bupati Solok Selatan Khairunas
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menyerahkan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun Anggaran 2025 kepada DPRD.

Muharlion Ditetapkan Jadi Ketua DPRD Kota Padang 2024-2029

Untuk tahun depan, prioritas dan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Solok Selatan memiliki tema pokok Perkuatan Ketahanan Sosial dan Persiapan Transformasi Ekonomi untuk mendukung Indonesia Emas 2045.

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan dalam penyusunan Rancangan KUA dan PPAS APBD Tahun Anggaran 2025 ini tetap berorientasi pada anggaran berbasis kinerja atau prestasi kerja. Yakni suatu pendekatan penganggaran yang mengutamakan keluaran atau hasil dari program dan kegiatan yang dilaksanakan.

Pasar Tradisional di Padang Makin Modern, Jadi Magnet Baru Bagi Warga

"Selain itu juga ditekankan pada penyusunan anggaran yang terpadu dimana dalam penyusunan rencana keuangan tahunan dilakukan secara terintegrasi untuk seluruh jenis belanja guna melaksanakan kegiatan pemerintahan yang didasarkan pada prinsip pencapaian efisiensi alokasi belanja," kata Khairunas  dikutip dari keterangan resminya, Rabu 17 Juli 2024.

Asumsi makro yang diproyeksikan untuk Solok Selatan pada 2025 kata Khairunas, mendatang yakni pertumbuhan ekonomi sebesar 4,85% dan PDRB per kapita sebesar Rp 40,59 juta per tahun.

25 Anggota DPRD Kota Payakumbuh Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Kemudian tingkat pengangguran terbuka diperkirakan sebesar 3,22%. Tingkat kemiskinan diasumsikan sebesar 5,7% dengan indeks gini rasio sebesar 0,247. Indeks Pembangunan Manusia ditargetkan menjadi sebesar 73,38 poin.

"Dengan mempertimbangkan beberapa kebijakan dan asumsi makro ekonomi Kabupaten Solok Selatan tersebut, maka  aspek pendapatan diarahkan pada peningkatan pendapatan daerah dari sektor pajak dan retribusi daerah," paparnya.

Halaman Selanjutnya
img_title