Pemkab Solsel Sudah Sampaikan Nota Pengantar APBD 2025 

Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menyampaikan Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2025 ke DPRD. 

Wabup Yulian Efi Sampaikan Enam Poin Strategi Penurunan Stunting di Solsel

APBD Solok Selatan tahun depan akan mengusung tema 'Perkuatan Ketahanan Sosial dan Persiapan Transformasi Ekonomi untuk mendukung Indonesia Emas 2045'.

Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi mengatakan pada 2025, Solok Selatan mendapatkan tambahan alokasi dana transfer senilai Rp 25,30 miliar. 

Khairunas Sebut Semua Pelajar di Solsel Calon Pemimpin Masa Depan

Dengan adanya penambahan pendapatan tersebut kata Yulian, maka akan ada penambahan belanja, baik itu belanja yang sudah jelas peruntukan maupun belanja earmak ataupun belanja mandatory seperti Dana Alokasi Khusus, Dana Alokasi Umum yang sudah ditentukan penggunaannya, Dana Desa , Alokasi Dana Desa,  dan insentif fiskal serta belanja lainnya dalam rangka mendukung prioritas pembangunan nasional, regional dan daerah.

"Pada tahun depan beberapa asumsi makro ekonomi yang ditetapkan antara lain pertumbuhan ekonomi ditaksir sebesar 4,85% dengan PDRB per kapita sebesar 40,59 juta per tahun,"kata Yulian Efi melalui keterangan resminya, jumat 27 September 2024.

Bantuan Seragam Gratis, Ringankan Beban Orang Tua Siswa di Solsel

Tingkat pengangguran kata Yulian, diperkirakan sebesar 3,22% dengan persentase penduduk miskin sebanyak 5,70%. Indeks gini diperkirakan akan ada di angka 0,247 sedangkan indeks pembangunan manusia sebesar 73,38.

Ia menjelaskan bahwa, rancangan APBD Kabupaten Solok Selatan Tahun Anggaran 2025 direncanakan tidak terjadi defisit murni. Kondisi ini sangat sesuai dengan prinsip anggaran berimbang yakni adanya keseimbangan antara pendapatan, belanja dan pembiayaan.