Bunga Bangkai Tumbuh Mekar di Halaman Rumah Warga Kubu Raya

Bunga Bangkai tumbuh di halaman rumah warga Komplek Kibaraya
Sumber :
  • Ngadri

VIVA PADANG - Bunga bangkai jenis Suweg setinggi 35 cm tumbuh mekar di halaman rumah warga di Komplek Kibaraya Asri, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat pada Minggu, 19 Februari 2023.

Pemilik rumah Deny mengatakan, kalau bunga Bangkai tersebut terlihat tumbuh mekar sudah satu Minggu belakangan ini. Dan bunga Bangkai tersebut merupakan jenis Suweg yang ditanamnya sekitar satu tahun silam.

"Ini bunga Bangkai jenis suweg dan diketahui tanaman Amporphophallus paeoniifolius (dennst.) Nicolson yang dikenal sebagai suweg menjadi salah satu keanekaragaman flora di Indonesia,"ujar Deny kepada VIVA pada Minggu, 19 Februari 2023.

Dia menambahkan, untuk menanam bunga Bangkai tersebut tidak mudah karena tidak semua yang ditanam bisa tumbuh menjadi bunga. Terkadang hanya tumbuh pohon dan umbi. Dan umbi tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk makanan.

"Untuk menanam umbi suweg hingga bisa tumbuh menjadi bunga tidak mudah kalau bukan rezeki. Jadi ini termasuk langka bisa didapatkan bisa tumbuh sempurna,"ujarnya.

Lebih lanjut, Deny mengatakan kalau bungkai bangkai jenis suweg tersebut baru pertama kali tumbuh mekar. Dan sebelum tumbuh menjadi bunga awalnya tumbuh pohon yang subur hingga batangnya mencapai setinggi 1 meter. Tapi pohon tersebut tidak bertahan lama lalu mengering dan mati.

"Dulu awalnya tumbuh pohon suweg dulu. Dan setelah itu baru tumbuh bunga sperti saat ini,''tuturnya.