Hendri Septa: Kota Padang Punya Muatan Lokal untuk Membentuk Karakter Anak Minangkabau

Hendri Septa
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Hendri Septa, Calon Walikota Petahana Kota Padang menyatakan bahwa pemerintah telah meluncurkan program pendidikan muatan lokal yang fokus pada pembentukan karakter anak-anak Minangkabau.

Program ini bertujuan untuk mengajarkan nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau kepada generasi muda.

“Ini adalah pendidikan yang tidak kita dapatkan di tingkat nasional, tapi sangat penting bagi pembentukan karakter anak-anak kita,” kata Hendri Septa saat bertemu dengan tokoh adat dan Bundo Kandung di kawasan Tanah Sirah, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Rabu 18 September 2024.

Ia menambahkan bahwa pendidikan lokal ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya dan budi pekerti yang mulai memudar di tengah masyarakat. 

"Kita harus sadar bahwa pendidikan berbasis budaya Minang ini berperan besar dalam membentuk karakter generasi muda yang berintegritas," tegasnya.

Hendri juga memberikan contoh nyata dari negara lain, yakni Jepang, yang sukses membangun karakter kuat pada anak-anaknya. "Anak-anak Jepang saat melintas di jalan, sesampainya di ujung jalan, mereka selalu memberikan penghormatan kepada pengendara mobil. 

"Ini contoh kesopanan yang sudah menjadi budaya mereka sejak kecil. Di Minangkabau, kita dulu juga menekankan  karakter baik.  Kita semua, akan bertanggung jawab agar  anak-anak kita memiliki karakter sopan yang seharusnya," ungkapnya.