Bunga Bangkai Ditemukan Tumbuh Dan Mekar Sempurna Di Bukit Tui

Penemuan Bunga Bangkai Di Bukit Tui
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

PadangBunga bangkai, ditemukan tumbuh dan mekar sempurna di kawasan Hutan Lindung Bukit Tui, Sungai Andok, Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat.

Akses Jalan Padang-Bukittinggi Lumpuh Total Akibat Dihantam Banjir Lahar Dingin

Bunga unik dengan nama latin Amorphopallus Titanum ini, mulanya ditemukan  seorang warga bernama Sutejo yang sedang memperbaiki pipa PDAM di sekitar hutan lindung tersebut. Ia melihat adanya bunga bangkai tumbuh dengan tinggi sekitar tiga meter.

Kepala Resort IV Kota Padang Panjang-Kabupaten Tanah Datar UPTD KPHL Bukit Barisan, Dinas Kehutanan Sumatera Barat, Mada Rusli menyebutkan jika bunga bangkai ini diperkirakan sudah mulai tumbuh sejak empat bulan lalu.

Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi Terjang Pemukiman Warga

“Bunga bangkai ini memang di kawasan Hutan Lindung Bukit Tui ini banyak tumbuh, dan memang habitatnya di sini. Di kawasan ini banyak terdapat flora-flora langka, seperti bunga bangkai, bunga Raflesia, dan masih banyak lagi. Tahun lalu tim kita juga menemukan Talas Armi yang merupakan penemuan pertama di Indonesia dan satu-satunya terdapat di Kota Padang Panjang,”kata Mada Rusli, Jumat 27 Januari 2023.

Ia juga mengatakan, sebagai tanaman yang langka, saat ini bunga bangkai sudah diberi pagar di sekitarnya agar para pengunjung yang melihat bunga ini tidak memegang dan tetap menjaga kelestariannya. Serta juga menghindari dari binatang.

Perbaiki Jalan Rusak di Tanah Datar, Pemprov Sumbar Alokasikan Anggaran Sebesar Rp137 Miliar

“Kami berharap untuk bersama menjaga kelestarian dari hutan lindung ini. Kita juga akan mendorong Pemerintah Kota Padang Panjang untuk menjadikan kawasan ini destinasi wisata. Karena banyak terdapat flora maupun fauna langka di sini. Ini pasti akan membangkitkan perekonomian di Kota Padang Panjang,”tutup Mada Rusli.