KLHK Ajak Generasi Muda Bergaya Hidup Minim Sampah

Menteri Siti Nurbaya
Sumber :
  • Humas KLHK

Padang – Kementerian Lingkungan Hdiup dan Kehutanan (KLHK) mengajak generasi muda menerapkan dan menyebarluaskan virus gaya hidup minim sampah untuk mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca (GRK). 

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

Dikutip dari keterangan resmi, Rabu 1 Maret 2023, Menteri LHK, Siti Nurbaya bilang bahwa saat ini Indonesia memiliki jumlah anak muda potensial penggerak perubahan yang sangat banyak. 

Berdasarkan statistik kata Siti, dari 270 juta penduduk Indonesia, sekitar 25,87 persen adalah generasi milenial. Usianya berkisar  24 hingga 39 tahun. Lalu 27,94 persen lagi, merupakan Generasi Z diusia 8 sampai 23 tahun. 

Festival Muaro Semakin Dekat: Persiapan 90 Persen, Siap Hibur Warga dan Wisatawan

"Potensi yang dimiliki seperti idealisme, mobilitas tinggi dan dinamis, kepedulian dan kesetiakawanan sosial, inovatif dan kreatif serta keberanian dan keterbukaan, dapat dimaksimalkan untuk menjadi penggerak pelestarian sumber daya alam dan lingkungan Indonesia ke depan,"kata Siti Nurbaya. 

Menurut Siti, berdasarkan hasil survei pada Gen Z yang terangkum dalam Indonesia Gen Z Report 2022, sebanyak 79 persen menyatakan perubahan iklim merupakan isu serius. Selanjutnya 70 persen merasa bertanggung jawab terhadap iklim, dan 66 persen bersedia membayar lebih untuk produk yang ramah lingkungan. Hasil yang hampir serupa pun diperoleh dalam Indonesia Millennials Report 2022.

Banjir Demak Surut, Ribuan Pengungsi Kembali ke Rumah

"Ini menunjukkan bahwa keterlibatan Generasi Millennial dan Gen-Z, memiliki peran strategis dalam pencapaian target Zero Waste Zero Emission, dimana Indonesia telah memberi komitmen kepada dunia dalam pengendalian perubahan iklim,"ujar Siti Nurbaya. 

Halaman Selanjutnya
img_title