Program Sedekah Iklim, Cara Pemprov Jatim Antisipasi Perubahan Iklim

Ilustrasi bibit
Sumber :
  • Pixabay

Padang –  Provinsi Jawa Timur kini punya program sedekah iklim melalui berbagai kegiatan pembagian bibit, gerakan penanaman pohon, hingga rehabilitasi lahan kritis dan pelestarian ekosistem mangrove.

Banjir Demak Surut, Ribuan Pengungsi Kembali ke Rumah

"Bahwa pohon berfungsi untuk menyerap karbon dan memberikan oksigen bagi kehidupan. Gerakan rehabilitasi lahan kritis dan ekosistem mangrove melalui Surat Edaran Gubernur Jawa Timur, mampu menekan lahan kritis dalam kurun 4 tahun terakhir,"kata Jumadi dikutip dari siaran persnya, Selasa 11 Juli 2023.

Kepala Dinas Kehutanan Jawa Timur, Jumadi menyebut program ini terus dilaksanakan setiap tahun untuk mengantisipasi isu global yaitu perubahan iklim. Pemerintah Daerah pun, senantiasa melibatkan berbagai unsur masyarakat termasuk sejumlah pondok pesantren untuk berkolaborasi.

Gempa M6,5 di Jatim: 4.679 Rumah Rusak, 33.535 Warga Mengungsi

Ia menambahkan bahwa sejumlah lahan kritis di Jawa Timur saat ini berhasil dipulihkan melalui berbagai aksi nyata pemerintah dan berbagai elemen masyarakat. 

"Target ke depan akan terus kita galakkan upaya mitigasi perubahan iklim bersama para pihak untuk terus bersama-sama melestarikan lingkungan,"tutup Jumadi.

Gempa Magnitudo 6,0 Tuban Rusak Sejumlah Fasilitas Bangunan