Pemerintah Klaim Luas Karhutla Turun Drastis

Rakorsus Antisipasi dan Penanggulangan Karhutla 2024
Sumber :
  • Humas KLHK

Padang – Kerja sama dan upaya gigih seluruh pihak dalam penanggulangan karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di berbagai daerah menghasilkan prestasi gemilang. 

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

Pemerintah pun mengklaim, luas karhutla berhasil ditekan secara signifikan dari tahun ke tahun, menunjukkan komitmen kuat dalam menjaga kelestarian alam Indonesia.

Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto, dalam Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Antisipasi dan Penanggulangan Karhutla 2024 Kamis kemarin, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat. 

Festival Muaro Semakin Dekat: Persiapan 90 Persen, Siap Hibur Warga dan Wisatawan

"Pencapaian ini merupakan bukti nyata sinergi dan dedikasi yang luar biasa,"kata Hadi Tjahjanto dikutip dari siaran persnya, Jumat 15 Maret 2024.

Meskipun menunjukkan tren positif, Menko Hadi mengingatkan agar kewaspadaan tidak boleh kendur. Ia menekankan pentingnya kesiapsiagaan dan peningkatan upaya penanggulangan karhutla di semua daerah, terutama dengan kondisi El Nino moderat yang masih bertahan di Maret 2024, berdasarkan laporan BMKG.

ASN Padang Tunjukkan Semangat Baru di Hari Pertama Kerja Pasca Lebaran, Kehadiran Capai 100 Persen

Hadi menegaskan instruksi Presiden agar tidak terjadi karhutla yang mengganggu, terutama menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Ia mendorong seluruh Kementerian/Lembaga, Panglima TNI dan Kapolri, Kepala Daerah, Pangdam/Danrem, Kapolda, stakeholder, perusahaan, dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan bahu membahu dalam menanggulangi karhutla.

Halaman Selanjutnya
img_title