Iwan Samurai Tinggalkan Ranah Minang Lantaran Janji Pemerintah Tak Kunjung Terwujud

Atlet Binaraga Sumbar Iwan Samurai
Sumber :
  • Tangkapan layar You Tube Kopi Pahit Hidayat

PADANG - Atlet Binaraga Muswar Iwan yang biasanya akrab disapa dengan nama Iwan Samurai pernah bekerja di Jepang selama tiga tahun. Pria yang lahir di Duri Riau ini, orang tuanya berasal dari Baso, Agam.

Jelang Idul Fitri Pemprov Sumbar Prediksi Harga Pangan Stabil

Atlet Binaraga Sumbar ini dalam tiga PON berturut-turut, dari 2012 di Riau, 2016 di Jawa Barat, dan 2021 di Papua, Iwan membawa pulang emas dari ajang olahraga terbesar di Indonesia.

Perjuangan pria berusia 44 tahun itu untuk meraih emas juga berat. Sejumlah pengorbanan dilakukan demi mengharumkan nama Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di ajang PON.

Perbaiki Jalan Rusak di Tanah Datar, Pemprov Sumbar Alokasikan Anggaran Sebesar Rp137 Miliar

Sebelum PON Papua, Iwan Samurai mengatakan, harus berhutang dengan menggadaikan mobilnya agar mendapatkan biaya untuk mempersiapkan diri bertanding di pesta olahraga terbesar di Indonesia itu.

"Saya harus meninggalkan Sumbar dan merapat ke Jawa Timur sebagai atlet yang bakal disiapkan untuk PON 2024,"ujar Iwan dilansir dari YouTube Kopi Pahit Hidayat pada Sabtu, 21 Januari 2023.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

Iwan menambahkan, Kepindahannya ke Jawa Timur membuat di sedih karena kecintaannya dengan daerah yang menancap di hatinya tidak bisa dikompromikan dengan kebutuhan dasarnya sebagai atlit, ditambah lagi janji pejabat daerah yang tak kunjung terealisasi.

"KONI ricuh melulu. Membuat saya harus pindah ke Jawa Timur, dan janji Pemerintah yang tidak pasti dan belum menepati janji,"ujarnya.