Indonesia Lolos Dari Sanksi Berat FIFA

Mentri BUMN Erick Thohir sambangi Semen Padang FC latihan
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir menyebut jika Indonesia terhindar dari sanksi berat FIFA setelah peristiwa pembatalan helatan Piala Dunia U-20 beberapa waktu lalu.

Skuad Garuda Diperkuat Nathan Tjoe-A-on Jelang Laga Pembuka Piala Asia U-23 2024

"Saya hanya bisa berucap, Alhamdulillah, atas rahmat Allah SWT dan doa dari seluruh rakyat Indonesia khususnya para pecinta sepakbola, Indonesia bisa terhindar dari sanksi berat pengucilan dari sepakbola dunia. Istilahnya, Indonesia hanya mendapat kartu kuning, tidak kartu merah,"kata Erick Thohir dikutip dari laman VIVA, Jumat 7 April 2023. 

Menurut Erick, dirinya mendatangi FIFA sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk kemudian melakukan negosiasi sekaligus mempresentasikan kepada FIFA perihal blueprint transformasi sepakbola Tanah Air. Hasilnya, FIFA hanya memberikan sanksi administratif berupa pembekuan dana FIFA Forward untuk keperluan operasional PSSI.

PSPP Bakal Bertarung di Group P Putaran Nasional Liga 3 

Ia melanjutkan, saat bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, dirinya menjabarkan komitmen pemerintah Indonesia dalam merenovasi 22 stadium yang dapat dipakai untuk kegiatan tim nasional dan liga.  

"Setelah saya menyampaikan pesan Presiden Jokowi, dan menjelaskan cetak biru sepakbola kita, FIFA hanya memberikan sanksi administrasi berupa pembekuan dana FIFA Forward untuk keperluan operasional PSSI,"tutup Erick.

Anggota Dewan Ini Bikin Klub dan Akademi Sepakbola di Sumbar