Berikut Daftar Tiga Tim Indonesia di Piala AFC 2024

Persib vs Bali United Liga 1 2022/2023
Sumber :
  • instagram@persib

PADANG - Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) mengumumkan, Indonesia mendapat tiga slot untuk kompetisi Asia 2024: playoff Liga Champions Asia, fase grup Piala AFC, dan playoff Piala AFC.

Bali United Tumbang di Kediri, Gagal Raih Poin

"PSSI sudah bersurat ke AFC terkait nominasi dan kriteria dari wakil Indonesia yang berhak tampil di tiga slot yang sudah diinformasikan AFC," demikian pernyataan tertulis Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus, Senin 10 April 2023.

Dilansir dari laman VIVA Ferry menjelaskan bahwa dari informasi yang didapat PSSI, untuk slot peserta playoff Liga Champions Asia akan diwakili pemenang pertandingan playoff juara Liga 1 2022 yakni Bali United melawan juara Liga 1 2023 PSM Makassar.

Berikut Hasil Undian dan Jadwal Lengkap Semifinal Liga 2

"Tim yang kalah dari playoff, statusnya langsung hadir di AFC Cup pada babak penyisihan grup," kata Ferry menambahkan. Khusus untuk slot ketiga atau tim yang akan mewakili Indonesia pada fase playoff Piala AFC,akan diserahkan kepada klub peringkat kedua Liga 1 2023.

PSM Makassar vs Bali United Liga 1 2022/2023

Photo :
  • twittter@PSM_Makassar
Bali United Boyong 23 Pemain ke Vietnam Ikuti Hana Bank – BID V Cup

Dengan demikian untuk posisi tersebut tidak akan dilakukan pertandingan playoff lagi. Sementara itu, untuk penetapan kriteria wakil bagi tiap negara pada kuota slot yang ditentukan, AFC memberikan kebebasan penuh kepada federasi negara yang bersangkutan.

Dalam hal ini, teknis pemilihan klub yang mewakili negara di kompetisi Asia diserahkan kepada masing-masing negara berdasarkan Entry Manual for AFC Club Competitions. Sebagai gambaran, negara tetangga Thailand juga melakukan hal yang sama. Untuk kuota klub-klub pada kompetisi Asia 2024, mereka juga melakukan playoff di dalam negeri.

Halaman Selanjutnya
img_title