Babak Pertama, Indonesia Tertinggal 0-1 Atas Jepang

Pemain Timnas Jepang
Sumber :
  • AFC

Padang – Timnas Indonesia sementara tertinggal 0-1 dari Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023, di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1/2023) malam WIB. Ayase Ueda membuat Jepang unggul melalui titik putih di menit ke lima.

Mental Juang dan Strategi Jitu STY Antarkan Kesuksesan Timnas U-23

Petaka itu datang usai Jordi Amat melakukan pelanggaran di kotak terlarang dengan menarik pemain Jepang. Ayase Ueda yang ditunjuk sebagai eksekutor merobek jala Ernando Ari membuat papan skor 0-1 untuk Jepang.

Usai gol itu, Indonesia terus dikurung. Bahkan Jordi Amat hampir kembali blunder pada menit ke-17. 

Timnas Indonesia Cetak Sejarah, Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

Selanjutnya Marselino Ferdinan bisa mengancam pertahanan Jepang usai mendapat operan terobosan Pratama Arhan pada menit ke-30. Marselino memberikan operan pendek, namun dipatahkan Yuta Nakayama.

Jepang mengurung pertahanan Indonesia dengan skill para pemainnya. Berawal dari operan Takefusa Kubo ke Seiya Maikuma, umpan tarik langsung dilepaskan ke tengah oleh Maikuma.

Shin Tae-yong: Timnas Lolos karena Pemberian Tuhan Berkat Kerja Keras

Nakamura kemudian bisa menerima bola, dan melepaskan shots ke arah gawang. Namun, bolanya masih membentur tiang sisi kanan, sebelum bergulir ke tengah dengan cuma melintas di depan garis gawang.

Hampir tak ada ancaman berarti di sisa waktu pertandingan. Jepang, meski menguasai bola, cukup sulit menembus kotak penalti Indonesia. Hingga jeda, skor 1-0 bertahan.

Halaman Selanjutnya
img_title