Garuda Muda Gagal Melaju ke Final Piala Asia U-23

Skuad Timnas U-23
Sumber :
  • pssi.org

Padang – Timnas U-23 Indonesia harus mengakui keunggulan Uzbekistan dengan skor 0-2 pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin malam 29 April 2024.

Timnas Indonesia U-23 Kalah, Jerome Polin: Kutukan atau Kebetulan?

Kekalahan ini membuat Garuda Muda gagal melaju ke final Piala Asia U-23 2024. Namun, peluang untuk lolos ke Olimpiade 2024 masih terbuka lebar. Indonesia akan bertanding di perebutan tempat ketiga melawan tim yang kalah antara Jepang atau Irak.

Skuad Garuda Muda tampil spartan dan bermain menyerang sejak menit pertama. Mereka berusaha keluar dari tekanan dengan mengandalkan serangan balik cepat. Namun, skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Ketua PSSI Kasih Semangat Timnas U-23 Usai Kalah Dari Uzbekistan

Pada babak kedua, Indonesia mulai bisa menembus pertahanan Uzbekistan. Bahkan, Garuda Muda sempat mencetak gol lewat Muhammad Ferarri pada menit 60. Sayangnya, gol tersebut dianulir setelah wasit Shen Yinhao mengecek VAR karena adanya offside.

Momen ini menjadi titik balik pertandingan. Uzbekistan justru mendapatkan momentum dan berhasil unggul 1-0 melalui sepakan Khusain Norchaev pada menit 68.

Bupati Solok Selatan Serukan ASN Tingkatkan Pelayanan dan Dukung Timnas U-23

Indonesia semakin tertekan dan kehilangan kapten tim, Rizky Ridho, yang dikartu merah di menit 82. Di tengah situasi sulit, Pratama Arhan malah mencetak gol bunuh diri pada menit 85, sehingga memperbesar keunggulan Uzbekistan menjadi 2-0.

Meskipun gagal ke final, Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke Olimpiade 2024. Kemenangan di perebutan tempat ketiga menjadi kunci untuk meraih tiket otomatis ke Olimpiade Paris 2024.