Timnas Jerman Ditebas Samurai Jepang

Pemain Tinas Jepang Rayakan Gol Ketika Lawan Jerman
Pemain Tinas Jepang Rayakan Gol Ketika Lawan Jerman
Sumber :
  • FIFA

p>Padang – Kejutan kembali terjadi di ajang Piala Dunia 2022. Tim raksasa, Jerman tumbang dari Jepang. Tim Samurai Biru menang dengan skor tipis 2-1. 

Dikutip dari VIVA.CO.ID, duel yang digelar di Khalifa International Stadium pada Rabu malam WIB 23 November 2022 berjalan menarik. Jerman dan Jepang bermain hati-hati di awal, lalu di pertengahan babak pertama Jerman mulai berani menekan.

Mereka memegang alih permainan, peluang emas perdana diciptakan Jerman di menit ke-17. Antonio Rudiger melakukan sundulan di bagian kotak penalti usai memanfaatkan umpan dari Joshua Kimmich namun masih melebar.  

Tiga menit berselang, Jerman lagi-lagi memberikan ancaman. Kimmich mencoba peruntungan melalui sepakan keras dari luar kotak penalti tapi masih gagal. Skor masih 0-0. 

Jerman terus membombardir pertahanan Jepang, silih berganti sejumlah pemain mengancam. Gol baru tercipta di menit ke-33.

Diawali dari pelanggaran yang dilakukan Shuichi Gonda kepada  David Raum di kotak penalti. Wasit menunjuk titik putih lalu Ilkay Guendogan yang maju sebagai algojo sukses menuntaskan tugasnya.  

Tertinggal 0-1 tidak membuat Jepang mampu keluar menekan. Mereka hanya berusaha memanfaatkan bola-bola mati.

Sementara Jerman terus menggempur Jepang. Gol kedua hadir di menit akhir laga melalui Kai Havertz tapi gol dianulir wasit karena Havertz dalam posisi offside. 

Tidak ada gol tambahan tercipta, skor 1-0 untuk Jerman bertahan hingga turun minum. 

Di babak kedua, laga berjalan seru. Kini kondisi terbalik, Jepang memberikan perlawanan sengit cenderung mendominasi.  Beberapa kali mereka memberikan ancaman serius ke Manuel Neuer. Contohnya di menit ke-59 Takuma Asano hampir mencatatkan namanya di papan skor namun sepakan bolanya masih melebar. 

Gol penyeimbang hadir di menit ke-75. Diawali sepakan Takumi Minamino lalu bola ditepis dan mengarah ke Ritsu Doan yang dilanjutkan dengan sepakan ke arah gawang. Skor imbang 1-1. 

Dominasi Jepang berlanjut tapi Jerman tidak tinggal diam. Mereka juga memberikan ancaman. Menit ke-80 mereka hampir mencetak gol kedua usai Antonio Rudiger menyundul bola tapi melebar.  

Jepang kembali menyerang, hal ini berbuah positif menit ke-83 Takuma Asano mencatatkan namanya di papan skor. Dia mencetak gol usai melakukan akselerasi menuju gawang.

Di 5 menit jelang laga berakhir kedua tim saling serang. Tapi tidak ada gol tambahan tercipta skor 2-1 untuk Jepang bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain: 

Jerman: Manuel Neuer; Niklas Sule, Antonio Ruediger, Nico Schlotterbeck, David Raum; Joshua Kimmich, Ilkay Guendogan; Serge Gnabry, Thomas Mueller, Jamal Musiala; Kai Havertz. 

Jepang: Shuichi Gonda; Yuto Nagatomo, Ko Itakura, Maya Yoshida, Hiroki Sakai; Ao Tanaka, Wataru Endo; Takefusa Kubo, Daichi Kamada, Junya Ito; Daizen Maeda.