Aceh Singkil Diguncang Gempa Besar

Peta Guncangan Gempa Aceh Singkil
Sumber :
  • BMKG

PadangGempa bumi magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Senin 16 Januari 2023. Lindu yang terjadi pukul 05:30 WIB ini, berpusat di 47 kilometer Tenggara Kabupaten Aceh Singkil.

Tragedi Banjir Bandang dan Longsor di Bandung Barat: Sembilan Orang Dilaporkan Hilang

Getaran gempa yang dirasa berkisar 3 hingga 10 detik ini pun membuat warga di empat kabupaten yakni Kabupaten Aceh Singkil,  Tapanuli Tengah, Kabupaten Nias Utara, dan Kabupaten Aceh Selatan pun panik.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya menyebut bahwa berdasarkan laporan dari BPBD Aceh Singkil, pasca terjadinya gempa tersebut, tim reaksi cepat diterjunkan ke beberapa titik.

Gempa M6,5 di Jatim: 4.679 Rumah Rusak, 33.535 Warga Mengungsi

"Tim BPBD setempat menelusuri wilayah lokasi guncangan untuk pengecekan potensi dampak kerusakan. Aktivitas warga tetap normal pascakejadian ini. Hingga kini, dilaporkan tidak ada dampak korban jiwa,"kata Abdul Muhari, Senin 16 Januari 2023.

Abdul melanjutkan, BMKG merilis parameter gempa magnitudo 6,2 ini berpusat di laut dengan kedalaman 23 kilometer. Berdasarkan pemodelannya, gempa ini tidak memicu terjadinya tsunami.  

Kepala BNPB Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Bumi Bawean

"BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD setempat dan memonitor situasi pascagempa melalui Pusdalops BNPB. Masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan,"tutup Abdul Muhari.