Pabrik Karet Di Kota Padang Mulai Tutup

Ilustrasi Pabrik
Sumber :
  • Pixabay

Padang – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Sumatra Barat Mairizon menyebutkan jika pabrik-pabrik karet yang beroperasi di wilayahnya saat ini sudah mulai tutup. Bahkan dua perusahaan yakni PT Lembah Karet dan PT BHB sudah duluan tutup sekitar tiga bulan lalu.

Strategi Pemko Padang Rekayasa Lalu Lintas Saat Helatan Festival Muaro Padang

"Dari enam unit pabrik yang awalnya beroperasi. Sudah ada dua yang tutup. Empat pabrik lainnya, mengalami penurunan produksi,"kata Mairizon, Senin 6 Februari 2023.

Mulai tutupnya pabrik karet ini akibat berkurangnya jumlah produksi kata Mairizon, menimbulkan efek positif dalam pemulihan pencemaran lingkungan di Kota Padang. Baik pencemaran air, pencemaran udara, dan limbah padat. Bahkan, tingkat kebisingan akibat operasional pabrik juga berkurang.

Festival Muaro Semakin Dekat: Persiapan 90 Persen, Siap Hibur Warga dan Wisatawan

Menurut Mairizon, dengan terjadinya kondisi penurunan tingkat produksi dan sudah ada pabrik yang tutup, secara jangka panjang akan terjadi pemulihan lingkungan dan perbaikan kualitas air. Apabila kualitas air mengalami perbaikan, tentunya aliran sungai-sungai di Padang tidak lagi mengalami pencemaran. 

“Berdasarkan penilaian dari Universitas Indonesia, Kota Padang dinobatkan sebagai kota terbaik dalam pengelolaan kualitas air. Kita mendapat penghargaan nasional atas ini. Nah, dengan mulainya tutup bahkan ada pabrik yang sudah tutup secara otomatis akan terjadi pemulihan lingkungan dan perbaikan kualitas air,”tutup Mairizon.

Bus Trans Padang Koridor 3 Siap Mengaspal, Layani Rute Baru Hingga RSUD dr. Rasidin