Ruas Jalan Nasional Simpang Temajuk Sepanjang 265 Meter Longsor

Ruas jalan Simpang Temajuk Kabupaten Sambas Longsor
Sumber :
  • VIVA Padang/Ngadri

PADANG - Ruas Jalan Simpang Temajuk -Simpang Tanjung terjadi longsor sepanjang 265 meter di Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat pada Rabu, 1 Maret 2023. Panjang lokasi terdampak longsoran adalah 265 meter (STA 51+550 sd. 51+815).

30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Bencana Hidrometeorologi Basah

Terdapat 4 titik longsoran dengan rincian 3 titik pada sisi kiri dan 1 titik pada sisi kanan (arah Temajuk ke Aruk). Kejadian longsoran atau amblas badan jalan terjadi pada ruas jalan yang merupakan bagian dari Jalan Paralel Perbatasan di bawah kewenangan PPK Perbatasan 1 Kalimantan Barat, Satuan Kerja Paralel Perbatasan, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Barat.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Windiarto Abisetyo, St, M, Sc mengatakan, bahwa badan jalan yang longsor sebelumnya dikerjakan oleh Jaya Konstruksi – Strada (KSO) selaku Penyedia Jasa (Kontraktor Pelaksana) yang berkontrak pada akhir tahun 2020. Sampai dengan saat ini, lokasi longsoran masih dilakukan pemeliharaan oleh Penyedia Jasa. Masa pemeliharaan sesuai dengan kontrak berlaku selama satu tahun sampai dengan Desember 2023.

Tiga Warga Padang Pariaman Tewas Akibat Bencana Banjir Dan Tanah Longsor

"Untuk menjaga supaya kondisi jalan tetap fungsional, Penyedia Jasa melakukan penanganan sementara dengan merapikan kondisi longsoran dan melakukan penimbunan lokasi yang amblas dengan material berbutir sehingga kendaraan tetap dapat melewati lokasi tersebut,"ujar Windiarto dikutip pada Rabu, 1 Maret 2023.

Dia menambahkan, Selain dilakukan penanganan sementara, saat ini Satuan Kerja Paralel Perbatasan terus berupaya melakukan koordinasi dan advis teknis ke Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mendapatkan rekomendasi teknis penanganan.

10 Warga di Pessir Selatan Hilang Dihamtam Longsor

"Untuk mendukung hasil rekomendasi teknis tersebut, masih perlu dilakukan pengambilan data lapisan tanah dan data topografi di lokasi terdampak,"tambahnya.

Sementara itu, Adrianus Piler meminta kepada pelaksana yang melakukan pembangunan jalan ruas Simpang Temajuk -Simpang Tanjung untuk memperbaiki jalan yang longsor dan amblas tersebut. Kemudian pada jalan yang ambles agar dipasang rambu.

Halaman Selanjutnya
img_title