Gempa Kuat Padang Sidempuan Terasa Hingga ke Ranah Minang

Peta guncangan gempa padang sidempuan
Sumber :
  • bmkg

PadangPadang Sidempuan, Sumatera Utara digoyang gempabumi kuat dengan magnitudo 6.4. Getaran lindu yang terjadi pada pukul 21.59 WIB, Senin 3 April 2023 itu, terasa kuat hingga ke beberapa wilayah di Sumatera Barat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meski masuk dalam kategori gempa kuat, namun tidak berpotensi tsunami.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

Merujuk rilis data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempabumi ini berlokasi di 0.86 Lintang Utara dan 98.73 Bujur Timur atau tepatnya di 82 kilometer Barat Daya Padang Sidempuan dengan kedalaman 102 kilometer. Di Sumatera Barat, gempa ini terasa berayung.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebagian warga di beberapa wilayah di Sumatera Barat seperti kota Padang, Padang Pariaman, Pasaman Barat, Pasaman, Solok Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai khususnya di Tuapejat, juga merasakan getaran gempa yang cukup kuat. 

Naik Level Awas, Warga Dilarang Dekati Radius 6 Kilometer Dari Puncak Gunung Ruang

Bahkan, tak hanya warga yang berhamburan keluar rumah, informasi yang diterima viva, sejumlah pasien di RSI Ibnu Sina atau Yarsi Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat, dievakuasi keluar ruangan untuk mengantisipasi kemungkinan dampak yang tidak diinginkan.

Hingga kini, belum ada laporan resmi dari otoritas terkait perihal dampak gempabumi magnitudo 6.4 di Ranah Minang.

Gunung Api Ruang Meletus Dahsyat