Warga Jakarta Diminta Manfaatkan Program Mudik Motor Gratis  

Ilustrasi Sepeda Motor
Sumber :
  • Pixabay

Padang – Anggota Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Fahira Idris berharap warga Jakarta yang berencana mudik naik sepeda motor agar memanfaatkan program mudik motor gratis agar bisa mudik dengan selamat, aman dan nyaman dengan menumpang bus, kereta atau kapal laut, sementara motor juga bisa diangkut gratis ke kampung halaman.

Sidak Hari Pertama Kerja di Dinkes Padang: ASN Tunjukkan Loyalitas dan Semangat Baru

"Mayoritas pemudik ini menggunakan mobil pribadi dan sepeda motor. Secara regulasi, sepeda motor itu digunakan untuk jarak pendek bukan jarak panjang. Cari program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan atau BUMN yang juga menyediakan layanan pengangkutan motor,"kata Fahira Idris, Kamis 6 April 2023. 

Dijelaskan Fahira, berdasarkan riset yang dilakukan Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan nasional pada Lebaran 2023 adalah 45,8 persen (123,8 juta orang) atau meningkat dari tahun sebelumnya (2022) yaitu 31,6 persen (85,5 juta orang). Sementara, pemudik yang berasal dari Jabodetabek diperkirakan mencapai 54,31 persen atau sebanyak 18,3 juta orang.

Arus Balik Rute Padang-Bukittinggi Via Padang Panjang Disebut Aman dan Terkendali

Dia juga menilai, penyelenggaraan angkutan lebaran dari tahun ke tahun semakin terencana dan terealisasi dengan baik. Salah satu program yang sangat baik dan menjadi terobosan adalah Program Mudik Gratis, baik yang diselenggarakan Pemerintah, pemerintah daerah, BUMN, maupun pelaku usaha dan organisasi kemasyarakatan. Selain sangat membantu warga yang ingin mudik ke kampung halaman, program mudik gratis ini efektif untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Saya apresiasi terutama untuk Kementerian Perhubungan, Kepolisian, BUMN sektor Perhubungan dan pemangku kepentingan lain yang semakin baik merencanakan dan mengeksekusi penyelenggaraan angkutan lebaran,"ujar Fahira. 

Gandeng Polda Sumbar, Pertamina Pastikan Kualitas dan Ketersediaan BBM Jelang Lebaran

Fahira mengingatkan jika kebijakan Pemerintah yang telah melakukan perubahan tanggal cuti bersama Idul Fitri 2023 dengan total libur berjumlah tujuh hari itu, bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mudik lebih awal dan sangat tepat untuk mendukung kelancaran angkutan lebaran. 

"Jika masyarakat mudik lebih awal, maka diharapkan dapat menghindari penumpukan arus mudik pada satu waktu sehingga mudik lebih selamat, aman, lancar dan nyaman,"tutup Fahira.