Polda Kalbar Musnahkan 9 Kilogram Ganja Asal Medan

Polda Kalbar musnahkan 9,152 Kilogram Narkotika Jenis Ganja
Sumber :
  • istimewa

PADANG - Sebanyak 9, 152 Kilogram Narkoba jenis ganja di musnahkan Polda Kalbar pada Kamis, 13 April 2023. Ganja yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil ungkap 24 Maret 2023.

Kapolda Sumbar Terima Penghargaan Presisi Award dari LEMKAPI

Direktur Reserse Narkoba Polda Kalbar Kombes Yohanes Hernowo menyampaikan, Narkotika jenis ganja 9, 152 kilogram yang dimusnahkan merupakan pengungkapan 24 Maret 2023 . Pengungkapan berawal bahwa pihaknya mendapat informasi adanya pengiriman narkotika jenis Ganja dari Kota Medan menuju Pontianak melalui jasa ekspedisi.

"Tim gabungan dari Ditresnarkoba Polda Kalbar bersama Bea Cukai mengamankan seorang pria berinisial IB (28) warga Kecamatan Sungai Ambawang di jalan Parit Masigi 1, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya. Kemudian, petugas melakukan penggeledahan di rumah tersangka IB dan mendapatkan barang bukti ganja seberat 4,494 kilogram,"ujar Hernowo kepada wartawan Kamis, 13 April 2023.

Ketua DPRD Sumbar Minta BNNP Bertindak Tegas Berantas Narkoba

Hernowo menambahkan, dari hasil pengembangan pada dihari yang sama, tim mengamankan seorang pria berinisial FR di kawasan tersebut, dari pemeriksaan diketahui bahwa FR yang memesan barang haram ganja yang berasal dari Medan.

"Mendapatkan informasi, kemudian petugas bersama tersangka FR menuju gudang penyimpanan jasa pengiriman barang dan petugas mendapat barang bukti ganja dengan berat 4,657 Kilogram,"tambahnya.

Penyelundupan 19 M Benih Lobster ke Malaysia Digagalkan di Kepri

Lebih lanjut, Hernowo mengatakan bahwa kedua tersangka yang diamankan merupakan teman dekat. Dari pemeriksaan, keduanya merupakan pengedar Ganja di Kalbar, dan sudah beberapa kali memesan ganja dari Medan.

"Di rumah tersangka kita mendapati paket-paket yang sudah dibungkus dengan rapi, dari hal itu kita yakin bahwa tersangka ini merupakan pengedar. Karena tidak mungkin barang itu dipakai sendiri,"pungkasnya.