Proyek Jembatan di Perbatasan Malaysia Kalbar Mangkrak

Proyek pembangunan jembatan di Balai 4 Kabupaten Sanggau
Sumber :
  • VIVA/Ngadri

PADANGProyek pembangunan jembatan ruas Entikong, Badau di Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat dengan nilai pagudana Rp 135 Milyar di duga mangkrak. Kondisi jembatan tersebut terlihat sudah nyaris selesai, namun belum di aspal baik di bagian jembatan dan jalan mendekati jembatan.

Progres Tol Cimanggis-Cibitung Capai 82,67 Persen, Rampung Kuartal II-2024

Pantauan VIVA kondisi jalan mendekati jembatan terlihat tergenang air dan terdapat lobang cukup dalam sehingga bisa mengakibatkan kecelakaan lalulintas. Kemudian saat musim panas jalan menjadi berdebu .

Dari penelusuran laman LPSE diketahui kalau proyek pembangunan jembatan dan jalan ruas Entikong, Badau tersebut dibiayai oleh anggaran SBSN Tahun 2020-2022 sebesar Rp135 Milyar yang dikelola oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jendral Balai Pelaksana jalan Nasional Kalimantan Barat. Dan dilaksanakan oleh PT Modern Widya Tehnical.

Demo di Kejagung, Massa Desak Al Haris dan Aspan Diperiksa

Satu diantara pengguna jalan Rahmat, mengeluhkan pengerjaan pembangunan jembatan ruas Entikong-Badau yang hingga saat ini belum selesai sehingga dan bisa membahayakan pengguna jalan lainya. Dia pun berharap pembangunan jembatan tersebut segera di tuntaskan pengerjayaanya.

‘’Saya berharap pembangunan jembatan ruas Entikong-Badau segera di selesaikan agar warga yang melintasi jembatan ini merasa tenang dan tidak was-was karena adanya lobang dan genangan air yang bis memicu kecelakaan,’’ujarnya kepada VIVA Rabu, 26 April 2023.

Banjir di Sintang Belum Surut, 95 Jiwa Mengungsi

Sementara itu, satu diantara warga setempat mengatakan, bahwa akibat pembangunan jembatan belum selesia tersebut pengguna jalan yang membawa muatan pernah tumbang karena posisi jalan yang miring.

‘’Dulu ada sopir mengangkut buah sawit tumbang di jembatan yang belum selesai itu pak. Dan buahnya tumpah. Saya berharap kepada pelaksana yang megerjakan proyek jembatan itu agar segera menyelesaikanya,’’ujarnya.