Parpol Mulai Serahkan Besar Pendaftaran Bacaleg ke KPU Sumbar

Ilustrasi Kotak Suara
Sumber :
  • Pixabay

Padang – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sumatera Barat, Gebril Daulay menyebut saat ini baru tiga partai politik yang sudah melakukan pendaftaran bakal calon legislatif. Ketiga partai politik itu yakni, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem). 

KPU Bukittinggi Berikan Kesempatan Penyerahan Dukungan Perbaikan Kedua Untuk Bapaslon Perseorangan

"PDIP dan NasDem mendaftar di hari yang sama, kemarin. Kalau PKS lebih dulu mendaftar,"kata Gebril Daulay, Jumat 12 Mei 2023.

Gebril menyebut, untuk proses pendaftaran bakal calon legislatif ini, akan di tutup pada 14 Mei 2023 mendatang. Untuk jumlah Parpol hingga kini masih tiga parpol yang sudah mendaftarkan bacalegnya.

Datang ke Padang, Kak Seto Mulai Usut Kekerasan Terhadap Anak di Sumbar

"Selanjutnya akan dilakukan proses verifikasi dan administrasi terhadap dokumen yang diserahkan. Akan mengecek keabsahan dokumen, baik syarat calon seperti Kartu Tanda Penduduk dan ijazah,"tutup Gebril.

Terpisah, Ketua DPD PDIP Sumatera Barat, Alex Indra Lukman menyebut jika proses pendaftaran bacaleg dari PDIP kemarin, digelar serentak di Indonesia. Khusus di Sumbar, total ada 65 orang bacaleg yang didaftarkan untuk ikut pada konsestasi Pemilu 2024 mendatang.

LPAI Sarankan Pemeriksaan Rutin Terhadap Personel Polda Sumbar

"Berkas 65 bacaleg DPRD Sumbar mencakup delapan Dapil sudah diterima KPU. Mudah-mudahan berkas bisa diproses dan tidak ada kendala,"tutup Alex Indra Lukman.