BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Ancaman Banjir Rob

Banjir terjang Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat
Sumber :
  • VIVA Padang/Ngadri

Padang – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi dan ancaman banjir Rob menyusul, akan ada fenomena fase Bulan Purnama (Full Moon) pada Sabtu esok bersamaan dengan Perigee atau Jarak terdekat bulan ke bumi pada tanggal 6 Juni 2023. 

Festival Muaro Padang: Semarak Budaya "Tempo Doeloe" Menanti Pengunjung dan Wisatawan

“Potensi banjir pesisir (rob) ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah, yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,"kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo melalui siaran persnya, Kamis 1 Juni 2023. 

Menurut Eko Prasetyo, kondisi itu berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. Beberapa wilayah yang terancam banjir Rob di antaranya, Pesisir Aceh, Pesisir utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Kalimantan Tengah, dan Pesisir Sulawesi Utara. 

Bantu Wilayah Terdampak Bencana, BMHS Berikan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Selanjutnya, Pesisir Sumatera Utara, Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Jawa Tengah, Pesisir Maluku, Pesisir Lampung, Pesisir Jawa Timur da Pesisir Bali.

Kemudian juga, Pesisir Maluku Utara, Pesisir Kepulauan Riau, Pesisir NTB, Pesisir Bangka Belitung, Pesisir Papua Selatan, Pesisir NTT dan Pesisir Banten. 

Gunung Marapi Sumatera Barat Erupsi Lagi