Terlibat Kecelakaan Hebat, 626 Penumpang KA Brantas Selamat

Tangkapan layar Kecelakaan KA Brantas Dengan Truk di Semarang
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendriwintoko memastikan, 626 penumpang berikut dengan masinis beserta awak Kereta Api (KA) 112 Brantas yang mengalami kecelakaan hebat dengan truk di perlintasan rel Jalan Madukoro sebelum jembatan Banjirkanal Barat, Semarang Barat, Selasa malam, 18 Juli 2023, pukul 19.20 Wib, selamat.

Warga Lumajang Mengungsi Mandiri Pasca Banjir Lahar Dingin Semeru, 3 Jembatan Rusak

"Iya selamat, dan sudah dievakuasi (Masinis beserta awak dan penumpang). Begitu juga sopir dan kernet truk yang sempat turun dan meminta bantuan penjaga palang pintu rel kereta api,"kata Ixfan Hendriwintoko sebagaimana diberitakan laman viva, Rabu 19 Juli 2023.

Ixfan bilang, kobaran api bisa dipadamkan setengah jam setelah kejadian. Bahkan, kereta api saat ini sudah ditarik menuju ke stasiun terdekat

Festival Muaro Semakin Dekat: Persiapan 90 Persen, Siap Hibur Warga dan Wisatawan

"Untuk rangkaian kereta eksekutif 2 ke belakang, saat ini sudah berhasil diamankan dan ditarik mundur menuju Stasiun Jerakah,"ujarnya. 

Dijelaskan Ixfan Hendriwintoko, KA 112 Brantas membawa 626 penumpang dengan rangkaian yang terdiri dari 3 kereta kelas eksekutif, 6 kereta kelas ekonomi dan 1 kereta pembangkit. Untuk kondisi masinis dan asisten masinis, dalam kondisi selamat, serta para penumpang tidak ada yang terluka. 

Arus Balik Rute Padang-Bukittinggi Via Padang Panjang Disebut Aman dan Terkendali

Diketahui, KA 112 Brantas terlibat kecelakaan hebat dengan sebuah truk trailer yang diduga mogok, berhenti dan melintas persis di tengah rel. Tak pelak, KA Brantas yang melintas beberapa saat kemudian, langsung menghantam truk hingga tersebut dan bodi truk menghantam besi jembatan Banjir Kanal Barat Semarang. 

Benturan keras itu, membuat truk meledak dan apinya berkobar-kobar di tengah jembatan.