Pemko Padang Imbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

Pembersihan material pohon tumbang
Sumber :
  • Humas Pemko Padang

Padang – Walikota Padang, Sumatera Barat, Hendri Septa mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di kota Padang untuk meningkatkan kewaspadaan menyusul kerapnya cuaca ekstrem yang melanda beberapa minggu terakhir. Usai dilanda banjir dan longsor, giliran hujan disertai angin kencang menghantam kota Padang

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

"Pada Minggu siang hingga sore kemarin, hujan disertai angin kencang terjadi. Setidaknya menyebabkan sejumlah rumah penduduk dan pohon bertumbangan,"kata Hendri Septa, Senin 24 Juli 2023.

Perihal kejadian hujan disertai angin kencang kemarin kata Hendri, dirinya sudah menginstruksikan Sekretaris Daerah Kota Padang, dan seluruh pimpinan OPD, khususnya yang mempunyai Tim Reaksi Cepat (TRC) serta seluruh camat untuk standby memonitor dan mengontrol wilayah masing-masing.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"Saya juga telah meminta Pak Sekda berkoordinasi dengan BPBD dan OPD terkait turun ke lapangan melakukan evakuasi pemotongan dahan pohon yang tumbang hingga pembersihan di sekitar lokasi,"kata Hendri Septa dikutip dari siaran persnya, Senin 24 Juli 2023.

Mengingat potensi cuaca ekstrem masih tinggi, Pemko Padang kata Hendri Septa, mengimbau warga Kota Padang untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama jika melewati jalan yang banyak pepohonan. 

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Lebih lanjut Hendri Septa bilang, dirinya juga meminta para Camat bersama Lurah hingga RT/RW untuk terus memonitor daerahnya masing-masing. Jika ada bencana terjadi, agar dapat segera berkoordinasi dengan BPBD Kota Padang maupun pihak terkait lainnya untuk melakukan penanganan.

Terpisah, Plt Kalaksa BPBD Kota Padang, Yenni Yuliza menyebutkan, akibat angin kencang disertai hujan yang terjadi hampir merata di wilayah kota Padang Minggu siang kemarin, menyebabkan pohon tumbang di 31 titik. Angin kencang disertai hujan itu juga menyebabkan beberapa rumah warga dan perkantoran atapnya terbongkar.