Prabowo Subianto Kian Kokoh di Ranah Minang

Prabowo Subianto menyerahkan bantuan 20 unit mobil ambulans
Sumber :
  • Viva Padang/Andri Mardiansyah

PadangIndikator Politik Indonesia merilis hasil survei peta elektoral partai dan calon Presiden khusus untuk wilayah Sumatera Barat. Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto menjadi pemuncak dengan perolehan suara 42.8 persen. 

Ekonomi Belum Stabil, Solok Selatan Perlu Diversifikasi Sumber Pendapatan

Angka ini, jauh unggul dibandingkan dengan dua rivalnya yakni, Anies Baswedan 34.6 persen dan, Ganjar Pranowo yang hanya 3.9 persen. Dengan 17 persen lainnya belum menjawab. 

Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi menyebut, elektoral Prabowo Subianto di Sumatera Barat kian naik tajam dari sebelumnya pada bulan Januari 2023 hanya memperoleh 24.8 persen, kini sudah menjadi 42.8 persen. 

Hari Ini Partai Gerindra Sumbar Buka Pendaftaran Cakada

Lain hal dengan Anies Baswedan yang terpantau turun dari 37.0 pada bulan Januari kini menjadi 34.6 persen. Sementara Ganjar, pada Januari sempat menyentuh angka 4.9 persen juga mengalami penurunan menjadi 3.9 persen

"Penarikan sampel survei ini, menggunakan metode multistage random sampling. Dengan asumsi metode simple random sampling ukuran sampel basis 810 responden memiliki toleransi kesalahan alias margin of error sekitar 3.5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen pada masing- masing daerah pemilihan (dapil) dan sekitar 2.7 persen pada tingkat Provinsi,"kata Muhtadi dikutip melalui siaran persnya, Jumat 4 Agustus 2023.

Kasus Kematian Akibat Diare di Pesisir Selatan Terus Bertambah

Menurut Muhtadi, jika merujuk pada hasil survei itu, maka jelas Prabowo Subianto saat ini unggul dibandingkan nama-nama lain dalam berbagai simulasi. Dibandingkan dengan hasil survei Januari 2023 lalu, dukungan pada Prabowo Subianto mengalami peningkatan hingga melampaui perolehan suara Anies Baswedan yang semula terbanyak didukung di Sumatera Barat.

Lalu kata Muhtadi, calon wakil belum berpengaruh signifikan terhadap peningkatan suara bakal capres. Saat ini, pengetahuan warga Sumatera Barat tentang nama-nama bakal capres dan cawapres tergolong tinggi, terutama kepada Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, AHY, dan Ganjar Pranowo. 

Halaman Selanjutnya
img_title