PCC 112 Strategi Pemko Padang Respon Cepat Aduan Masyarakat
- Humas Kota Padang
Padang – Kepala Dinas Kominfo Kota Padang, Boby Firman menyebut pihaknya baru saja meluncurkan program Padang Command Center (PCC) 112 sebagai upaya cepat tanggap untuk meningkatkan pelayanan, keselamatan dan kesejahteraan masyarakat terkait situasi darurat.
"PCC 112 ini, merupakan pusat kendali yang akan menjadi sarana utama dalam mengkoordinasikan berbagai kegiatan dan respons cepat seperti, pemantauan secara realtime aktifitas pelayanan kepada masyarakat, kondisi fasilitas publik, lalu lintas, kriminalitas, keadaan darurat medis hingga kebencanaan,"kata Boby Firman, Kamis 10 Agustus 2023 .
Dijelaskan Boby, semua aktivitas yang ada akan terpantau melalui rekaman CCTV. Adapun data dan informasi, akan tersaji lengkap melalui dashboard-dashboard aplikasi yang tersedia. Sehingga memudahkan dalam memantau kinerja dan meningkatkan efektifitas dalam pengambilan keputusan.
Untuk mempermudah masyarakat kata Boby menjelaskan, pihaknya menyediakan layanan Call Center dengan angka layanan nomor tunggal kedaruratan yang dirancang sedemikian rupa guna memberikan bantuan cepat, tepat dan terintegrasi kepada masyarakat dalam situasi darurat.
"Situasi darurat yang dimaksudkan seperti, gempa, longsor, banjir, tsunami, kebakaran, kecelakaan lalu lintas, kriminalitas, keadaan darurat medis serta kondisi kedaruratan lainnya. Silahkan hubungi no call canter di 112,"ujar Boby.
Boby bilang, alur dari prosedur Call Center 112 tersebut antara lain, masyarakat dalam situasi darurat dapat menelepon ke nomor 112 dari operator apa pun secara gratis yang kemudian akan ditanggapi oleh petugas Call Taker di ruang PCC guna diinputkan ke aplikasi Call Center. 112.
Dari informasi itu kata Boby, lalu diteruskan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kedaruratan terkait. Petugas lapangan nantinya akan menerima informasi darurat itu melalui aplikasi Mobile Responder di HP untuk ditindak lanjuti. Menariknya, seluruh aktifitas, mulai dari laporan masyarakat dan response time dari OPD dan kondisi akan terpantau oleh pimpinan melalui HP atau Komputer.