28 Desa di Aceh Tenggara Maish Terendam Banjir 

Banjir Aceh Tenggara
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis, 28 desa atau gampong yang tersebar di 5 kecamatan Aceh Tenggara, Provinsi Aceh hingga kini masih terendam banjir yang terjadi pada Kamis kemarin. Meski demikian, tidak ada laporan warga terdampak yang mengungsi.  

Banjir Terjang Lima Kecamatan di Soppeng, 2.957 Jiwa Terdampak

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut, BPBD Kabupaten Aceh Tenggara mencatat populasi terdampak sebanyak 1.177 Kepala Keluarga atau 4.843 jiwa. Penanganan darurat telah diupayakan BPBD setempat sejak awal kejadian. 

"Pemerintah kabupaten telah mendistribusikan bantuan 115 paket berupa makanan dan non makanan. Selain itu, Tim Reaksi Cepat BPBD sudah memasang tenda untuk mengantisipasi apabila ada warga yang harus diungsikan ke tempat aman. BPBD juga memasang hidran umum di beberapa lokasi sehingga warga dapat mengakses air bersih,"kata Abdul Muhari, Senin 21 Agustus 2023. 

Satu Warga Tewas Akibat Banjir Sidenreng Rappang 

Menurut Abdul Muhari, bencana banjir ini menjadi perhatian Forum Koordinasi Pimpinan Daerah yang kemudia memantau dan meninjau langsung wilayah terdampak banjir. 

Personel BPBD sudah berada di lokasi untuk bersiaga di lokasi terdampak. Di samping itu, mereka melakukan kaji kebutuhan dan berkoordinasi dengan aparat desa dan kecamatan terdampak. 

Banjir dan Longsor di Luwu Telan 14 Korban Jiwa, 1.385 KK Terdampak

Sejumlah desa yang tersebar di 5 kecamatan yang masih tergenang banjir ini kata Abdul Muhari, yakni di Desa Kuta Buluh, Lawe Hijo metuah, Lawe Hijo Gabungan, Lawe Hijo, Kuning I, Kute Seri, Rikit, Pedesi, Pinding, Seperai, Pulo Perengge, Terutung Payung Gabungan dan Terutung Payung Hulu di Kecamatan Bambel. 

Pada Kecamatan Bukit Tusam, desa terdampak yaitu Desa Darul Imami, Gumpang, Kuta Lingga, Tenembak Bintang, Kuta Gekhat dan Maha Singkil. Selanjutnya, Desa Kuta Lesung, Setia Baru, Buah Pala dan Teger Miko di Kecamatan Lawe Sumur.

Halaman Selanjutnya
img_title