Desa Rambai Memimpin Program Penghijauan Kota Pariaman untuk Keberlanjutan

Sekretaris Daerah Kota Pariaman Yota Balad menanam pohon
Sumber :
  • Diskominfo Pariaman

Padang – Sebuah gebrakan hijau telah resmi dimulai di tengah-tengah kota Pariaman. Dalam sebuah acara yang berlangsung pada tanggal 29 Agustus 2023, Desa Rambai kecamatan Pariaman Selatan telah meluncurkan program penghijauan yang bertujuan untuk merangkul alam dan memberikan manfaat jangka panjang bagi kesejahteraan masyarakat.

Galanggang Arang Tunjukkan Praktik Baik Pengelolaan Situs Warisan Dunia Tambang Batu Bara Ombilin

Hal ini mendapat apresiasi dari pemerintah kota Pariaman. Melalui Sekretaris Daerah Kota Pariaman Yota Balad mewakili Wali Kota Pariaman Genius Umar, memberikan sambutan baik dan turut melakukan penanaman bersama bibit pohon untuk penghijauan di dusun Rimbo, desa Rambai.

“Penanaman bibit pohon ini sangat penting sekali untuk penghijauan dan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya erosi tanah serta banjir. Selain itu dengan adanya penghijauan akan menjaga ketersediaan oksigen yang bermanfaat untuk makhluk hidup”, ungkap Yota Balad dengan penuh semangat.

Ketergantungan Dana Transfer Sangat Tinggi, Wali Kota Pariaman Janjikan Peningkatan PAD

Tidak hanya sekedar seremoni, Yota Balad memanfaatkan momen ini untuk mengajak seluruh masyarakat untuk terlibat aktif dalam menjaga kelestarian alam. Melalui langkah-langkah sederhana seperti penghijauan, kita dapat menyatakan cinta dan kepedulian terhadap lingkungan. 

Ia menjelaskan bahwa ekosistem yang sehat akan menghasilkan beragam keuntungan, termasuk pertanian yang subur dan pasokan air yang cukup, mencegah kemarau yang melanda.

Keren, Indonesia Punya Hutan Mangrove Terluas di Dunia

“Mudah-mudahan nantinya desa Rambai bisa menjadi icon penghijauan di kota Pariaman dengan tanaman buah dan kayu yang mereka miliki dan menjadi desa percontohan di Sumatera Barat”, tutupnya.