Kabut Asap di Padang Disapu Habis Usai Hujan Seharian

Langit di kota Padang pada Kamis7 Agustus 2023.
Sumber :
  • Viva Padang/Syaugi

Padang – Kota Padang akhirnya mendapat napas lega setelah hujan deras menyapu kawasan tersebut selama sehari penuh. Kabut asap yang menghantui langit kota itu selama sepekan terakhir pun akhirnya menghilang seiring dengan datangnya guyuran rahmat dari langit.

Tragedi Tanah Longsor Tana Toraja: 20 Korban Meninggal Dunia Ditemukan Tim Gabungan 

 "Hujan lebat pada Selasa siang membuat udara Kota Padang kembali sehat, tidak ada lagi kabut asap,"  ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Mairizon dalam keterangan persnya.

Data dari stasiun AQMS Kota Padang juga mengkonfirmasi bahwa kualitas udara di Kota Padang telah meningkat secara signifikan setelah hujan. Selama ini, udara di kota ini terus-menerus berada dalam kategori berbahaya, namun kini berubah menjadi baik. 

Bantu Wilayah Terdampak Bencana, BMHS Berikan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

"Tentunya kita harapkan hujan terus turun sehingga tidak ada lagi titik api penyumbang panas dan kabut asap," tambah Mairizon dengan harapan agar keadaan ini berlanjut.

Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kota Padang pada Rabu pagi mencatat kategori baik dengan nilai 47. Meskipun kondisi udara telah membaik, Kadis Lingkungan Hidup Kota Padang terus mengingatkan warganya untuk tetap disiplin dalam menjaga lingkungan. Salah satu pesannya adalah untuk tidak membakar sampah dan selalu membuang sampah pada tempatnya.

Gunung Marapi Sumatera Barat Erupsi Lagi

"Jangan membakar sampah karena dapat memicu kabut asap," imbau Kadis Lingkungan Hidup Padang, sebagai upaya mencegah potensi kembali munculnya kabut asap yang telah lama meresahkan warga Kota Padang.

Dengan hujan yang turun, Kota Padang dapat bernafas lega sejenak dari ancaman kabut asap. Namun, ini juga menjadi pengingat bagi semua pihak akan pentingnya menjaga lingkungan dan menghindari tindakan-tindakan yang dapat merusak kualitas udara, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang di masa depan.