Cak Imin Ditolak di Tanah Laut, Ini Penjelasan Bupati

Bupati Tanah Laut, Sukamta.
Sumber :
  • Diskominfo Tanah Laut

Padang – Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, menjadi sorotan ketika Bupati Sukamta membantah tuduhan bahwa dirinya diancam atau mengalami intimidasi yang mengakibatkan penolakan kedatangan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, yang lebih dikenal sebagai Cak Imin

Perbaiki Jalan Rusak di Tanah Datar, Pemprov Sumbar Alokasikan Anggaran Sebesar Rp137 Miliar

Kedatangan Cak Imin yang semula dijadwalkan untuk membuka kegiatan MTQ Nasional dan Internasional di kabupaten tersebut akhirnya dibatalkan oleh pihaknya.

Sukamta dengan tegas menyatakan, "Enggak ada yang begitu-begitu, Tempat saya aman, enggak ada yang ancam-ancam." Penjelasan ini disampaikannya dalam sebuah wawancara di tvOne pada Rabu malam, 6 September 2023, dikutip dari VIVA.

Bupati Khairunas Tekankan Pentingnya Peran Dunia Usaha dalam Pembangunan Solok Selatan

Sukamta menjelaskan alasan di balik keputusannya menolak Cak Imin untuk membuka acara MTQ di Tanah Laut. Ia menyatakan bahwa awalnya, acara tersebut merupakan kegiatan 'Gema Al Quran' yang diadakan setiap tahun oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dan dibiayai oleh APBD.

Namun, acara tersebut kemudian berubah menjadi Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Internasional setelah bekerja sama dengan Jam’iyatul Qurra’ wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) yang juga memiliki agenda nasional dan internasional dalam bidang pembacaan dan penghafalan Alquran. 

Sah Menang, Prabowo Subianto Sampaikan Terima Kasih Untuk Rakyat Indonesia

Baca juga: Cak Imin Ditolak Hadir di Acara MTQ International Tanah Laut Usai Diundang

Oleh karena itu, acara tersebut tetap dilanjutkan pada 5 September 2023 dengan dukungan anggaran dari APBD Kabupaten Tanah Laut.

Halaman Selanjutnya
img_title