Padang Hasilkan 650 ton Sampah dalam Sehari, Bagaimana Pengelolaannya?

Ilustrasi Sampah. Foto/istockphoto
Sumber :

Padang – Dalam sehari kota Padang menghasilkan sampah mencapai 650 ton, hal ini diungkapkan Walikota Padang, Hendri Septa dalam pers rilisnya, Senin 13 September 2023.

Hendri Septa Ajak Generasi Muda Cintai Sejarah

Menyikapi hal ini Pemerintah Kota Padang mencanangkan teknologi Refuse-Derived Fuel (RDF) untuk mengolah sampah menjadi salah satu sumber energi.

"Insya Allah Desember 2023 nanti kita akan mulai ground breaking pembangunan RDF ini. Semoga dengan upaya ini akan dapat mengurangi jumlah sampah di Kota Padang," ungkapnya.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

Hendri bilang, sejauh ini pemerintah kota Padang telah melakukan berbagai upaya untuk penanganan sampah di kota, mulai dari pemasangan kubus apung di beberapa sungai besar, program Padang bergoro, serta  penegakkan perda Sampah.

"Saya juga minta kepada seluruh Camat dan Lurah untuk terus bersama-sama mengatasi persoalan sampah di Kota Padang. Terus lakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah disembarangan tempat," ujarnya.

Strategi Pemko Padang Rekayasa Lalu Lintas Saat Helatan Festival Muaro Padang

Selain upaya tersebut, pemerintah kota Padang juga memberikan apresiasi atas keberadaan bank sampah yang telah berkontribusi aktif dalam mengurangi jumlah sampah di Kota Padang.

Seperti Bank Sampah Panca Daya, di Belakang Kantor Camat Kuranji yang baru-baru ini diapresiasi Hendri Septa.