Kebakaran Museum Nasional, Mendikbudristek: Tidak Ada Korban Jiwa

Menteri Kemendikbudristek, Nadiem Makarim.
Sumber :
  • Humas Kemendikbudristek

Padang – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, dengan cepat merespons kebakaran yang melanda Museum Nasional Indonesia, yang merupakan salah satu ikon budaya terbesar negara ini. Kejadian tragis ini terjadi pada Sabtu malam, 16 September 2023.

Menjelajah Warisan Budaya Minangkabau di Museum Bustanil Arifin Padang Panjang

Museum Nasional Indonesia, juga dikenal sebagai Museum Gajah, terdiri dari tiga bangunan utama: Gedung A, Gedung B, dan Gedung C. Kebakaran terjadi di bagian belakang Gedung A, dan berkat tanggapannya yang cepat, api berhasil dipadamkan sebelum merembet lebih jauh. 

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Saat ini, prioritas utama kami adalah upaya perlindungan maksimal terhadap artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum," ucap Nadiem Anwar Makarim menyampaikan rasa syukurnya, saat konferensi pers dikutip dari VIVA.

12 Orang Diselamatkan dari Rollercoaster Disneyland Hong Kong yang Mogok

Langkah selanjutnya adalah tim investigasi internal yang telah dikerahkan oleh Mendikbudristek untuk menentukan penyebab pasti kebakaran dan melakukan pendataan terhadap koleksi museum yang terdampak atau yang sudah diamankan. Nadiem Anwar Makarim menekankan, "Kemendikbudristek akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa penyelidikan berjalan dengan transparan."

Tangkapan layar kondisi kebakaran Museum Nasional.

Photo :
  • viva.co.id
Penyaluran BOSP 2024 Tercepat Sepanjang Sejarah

Dalam upaya memberikan informasi yang terus-menerus kepada masyarakat, Mendikbudristek berjanji untuk memberikan pembaruan secara berkala seiring dengan perkembangan situasi. 

"Kami memohon doa dan dukungan dari semua pihak agar peristiwa ini dapat segera berangsur membaik," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title