Politikus PDIP: Ganjar Pranowo Mustahil Jadi Cawapres Prabowo

Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • Dok. PDIP

Padang – Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Deddy Yevri Sitorus, menegaskan bahwa peluang Ganjar Pranowo untuk menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu Presiden 2024 hampir mustahil terjadi. Hal ini disebabkan karena mantan gubernur Jawa Tengah tersebut telah ditetapkan oleh partainya sebagai calon presiden (capres).

Sah Menang, Prabowo Subianto Sampaikan Terima Kasih Untuk Rakyat Indonesia

Deddy Yevri Sitorus, dalam keterangan yang diterima di Jakarta pada Jumat 22 September 2023 via VIVA, mengungkapkan pendapatnya terkait wacana yang muncul di masyarakat mengenai kemungkinan duet Ganjar Pranowo dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang akan menciptakan dua poros dalam Pemilihan Presiden 2024.

"Saya kira nyaris mustahil menjadikan Mas Ganjar sebagai cawapres karena beliau sudah ditetapkan menjadi capres. Belum pernah ada preseden di PDI Perjuangan, terutama dengan Ibu Megawati, untuk mengubah keputusan atau mengurangi derajat penugasan yang sudah ditetapkan," ujar Deddy.

Fraksi Gerinda Sumatera Barat Usul Pansus Dugaan Penyelewengan Pajak di Bapenda

Menurutnya, Ganjar Pranowo adalah kader terbaik PDIP yang telah melalui pertimbangan yang mendalam, diskusi yang luas, dan proses panjang sebelum diputuskan sebagai calon presiden dalam Pemilihan Presiden 2024. "Pak Ganjar adalah kader terbaik PDI Perjuangan untuk menjadi capres saat ini," tambahnya.

Dalam konteks ini, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, dan para pemimpin partai politik yang mendukung Ganjar saat ini tengah fokus untuk menentukan sosok cawapres yang akan mendampingi Ganjar dalam Pilpres mendatang.

Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang Tuntas

Deddy menegaskan bahwa keputusan akhir mengenai cawapres akan sepenuhnya diserahkan kepada Megawati Soekarnoputri, yang memiliki mandat dari kongres Partai sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi.

Sementara itu, Puan Maharani, Ketua DPP PDI Perjuangan, pada Kamis sebelumnya, mengungkapkan bahwa kemungkinan Ganjar Pranowo berpasangan dengan Prabowo Subianto masih terbuka dalam dinamika politik. Namun, PDIP akan terlebih dahulu memperhatikan perkembangan politik yang akan terjadi dalam sebulan ke depan.

Halaman Selanjutnya
img_title